Sukses

Usir Bosan dengan Melakukan 5 Hobi Ini di Rumah

Simak beberapa rekomendasi hobi pengusir bosan yang bisa kamu lakukan di rumah berikut

Liputan6.com, Yogyakarta - Menjalani aktivitas harian yang sama setiap harinya tentu bisa menimbulkan rasa bosan. Adakalanya, kamu perlu memberi ruang untuk lebih mengeksplor diri sendiri dengan kegiatan kreatif lain yang menyenangkan

Tak perlu dengan kegiatan berat dan menyita waktu, cukup lakukan beberapa hobi sederhana agar otak bisa kembali segar. Jika kamu bingung harus melakukan apa, simak beberapa rekomendasi hobi pengusir bosan yang bisa kamu lakukan di rumah berikut:

1. Bermain musik

Jika kamu memiliki alat musik di rumah, kamu bisa mencoba hobi yang satu ini. Mamainkan alat musik, seperti gitar atau piano, akan me-refresh otak dan tubuh.

Kamu juga bisa memainkan alat musik sambil bernyayi. Jangan lupa untuk merekamnya dan mengunggah ke sosial media kamu agar teman-teman online-mu juga ikut terhibur.

2. Memasak

Memasak sesungguhnya adalah keterampilan yang bisa dimiliki semua orang. Tidak harus jago memasak, minimal bisa memasak.

Kamu bisa mencoba resep-resep unik yang banyak bertebaran di artikel atau akun Youtube. Hobi ini cocok kamu lakukan ketika jeda makan siang saat 'work from home'.

Sambil melakukan hobi, sambil mengisi perut. Menyantap makanan hasil masakan sendiri akan lebih meningkatkan mood kamu.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berkebun

3. Berkebun

Salah satu hobi yang bisa dilakukan di rumah yang pastinya juga menyenangkan adalah berkebun. Jika kamu tidak memiliki kebun, kamu masih bisa memanfaatkan sudut-sudut rumah sebagai ruang berkebun.

Kamu hanya perlu menyiapkan beberapa pot tanaman, tanah, tanah sekam, bibit tanaman, dan pupuk. Siram dan rawat tanaman secara rutin dan nikmati proses tumbuhnya.

Selain dapat mengurangi stress, hobi berkebun juga membuat suasana rumah menjadi sejuk. Warna hijau pada tanaman akan membuat nuansa rumah menjadi lebih berwarna.

4. Menyulam

Menyulam juga merupakan hobi yang dapat mengusir rasa bosan. Meski terlihat sulit, ternyata jika diperhatikan menyulam tidak terlalu rumit.

Kamu bisa membeli peralatan sulam yang tersedia di beberapa toko online. Untuk teknik dan tutorial menyulam, saat ini ada beberapa akun Instagram yang sering membagikan cara menyulam, salah satunya akun Instagram @kerja.tangan.

Kamu bisa menonton tutorial menyulam yang ada di Instagram Reels-nya. Kamu juga bisa menemukan beberapa tutorial menyulam di Youtube.

5. Melukis

Tidak perlu menjadi seorang pelukis untuk punya hobi melukis. Kamu bisa menemukan banyak hal menarik dari proses melukis.

Mengetahui terciptanya warna-warna baru dari paduan cat yang mungkin tidak pernah kamu bayangkan sebelumnya akan membuatmu takjub. Kegiatan melukis juga bisa bikin kamu lebih rileks.

Untuk memulai hobi ini, kamu cuma perlu cat lukis, seperti cat akrilik, cat minyak, atau cat air. Medianya bisa menggunakan kanvas, kertas gambar, atau bahkan kain sesuai keinginanmu.

(Resla Aknaita Chak)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.