Sukses

Bangga! Pembalap Terry Yudha dan Ayustina Delia Sabet Jersey Merah Putih di Criterium Kejurnas Balap Sepeda Banyuwangi

Pembalap Terry Yudha Kusuma (Jawa Tengah) dan Ayustina Delia Priatna (Jawa Barat), meraih jersey Merah Putih, sekaligus meraih medali emas nomor criterium, Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Balap Sepeda, Indonesia National Championship (INC) 2022, di Banyuwangi, Minggu (17/7/2022).

Liputan6.com, Banyuwangi- Pembalap Terry Yudha Kusuma (Jawa Tengah) dan Ayustina Delia Priatna (Jawa Barat), meraih jersey Merah Putih, sekaligus meraih medali emas nomor criterium, Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Balap Sepeda, Indonesia National Championship (INC) 2022, di Banyuwangi, Minggu (17/7/2022).

Terry yang bertanding di kelas Man Elite, finish terdepan dengan catatan waktu 37 menit 57.131 detik. Disusul Bernard Benjamin Van Aert (Mula) Kalimantan Barat di posisi kedua dengan 37 menit 57,238 detik. Sementara M Nur Fatoni (Mula) Jogjakarta finish di urutan ketiga dengan catatan waktu 37 menit 57,847 detik.

Balapan nomor criterium sepanjang 2,2 Km yang melintasi kota Banyuwangi sebanyak 12 putaran tersebut, berjalan cukup seru, karena beberapa pebalap nasional seperti Aiman Cahyadi (Mula), Odie Poernomo (Nusantara Cycling), Delton Nur Arif Paryugo (KGB), dan beberapa pembalap lainnya secara bergantian memimpin rombongan.

Bahkan memasuki putaran ke sepuluh formasi masih didomininasi tim-tim besar seperti Mula, KGB dan Nusantara.

 

Memasuki lap terakhir para pembalap mulai meningkatkan kecepatannya. Di 250 meter menjelang finish, Terry yang berasal dari Kelapa Gading Biker (KGB) itu mulai menyerang, yang diikuti Bernard, dan Nur Fatoni.

Pada 50 meter menjelang finish Terry dan Bernard langsung menyodok ke depan hingga akhirnya hingga garis finish. Akhirnya Terry berhak mendapatkan garis medali emas, setelah menyentuh gars finish pertama dan diikuti Bernard.

Terry mengatakan kemenangannya berkat kerjasama tim yang baik, dengan membuka jalan saat melakukan sprint 300 meter menjelang finish. Menurutnya medali emas yang diraih dipersembahkan untuk keluarga dan tim KGB yang selalu memberikan support.

"Tadi cukup ketat. Tapi saat 300 meter menjelang finish saya mencoba untuk sprint, kemudian diikuti Bernard. Saya bersyukur bisa menang di Kejurnas ini," ungkap Terry.

 

Di kategori U-23 putra, pembalap asal Jawa Timur, Muhammad Andy Royan (Mula) sukses meraih emas dengan catatan waktu 38 menit 52.369 detik. Angga Dwi Wahyu (Dr J Cycling) Jawa Timur di posisi kedua 38 menit 53,932 detik, dan Adithia Alung Nugraha (KJS Bike) Kalimantan Timur meraih medali perunggu dengan catatan waktu 38 menit 54,080 detik.

Sementara di kategori women elite, jersey Merah Putih diraih pembalap Ayustina Delia asal Jawa Barat. Pembalap dari Kelapa Gading Biker (KGB) itu finish terdepan dengan catatan waktu 29 menit 41.805 detik.

Di posisi kedua Liontin Evangelina (Jogjakarta) dengan 29 menit 42,434 detik. Sementara di posisi ketiga Gita Widya Yunika (KIC) Jawa Barat dengan catatan waktu 29 menit 44,926 detik.

 

Liontin mengatakan di nomor criterium bukan menjadi targetnya karena bukan nomor spesialisasinya. Ia mengaku bersyukur bisa finish di posisi kedua yang merupakan medali keduanya, karena di hari pertama pada nomor ITT dia juga berhasil mendapatkan medali emas.

"Saya bersyukur bisa mendapatkan medali perak, setelah kemarin meraih emas di ITT. Hari ini memang bukan target saya, tapi apapun hasilnya harus disyukuri," katanya.

Untuk kategori U-23 putri, medali emas diraih Ananda Diva Saputri dari Jogjakarta dengan catatan waktu 32 menit 56,607 detik. Farenty Putri Jawa tengah di posisi kedua 32 menit 56,841 detik, dan atlet Banyuwangi Chika Arinda (KIC) Jawa Timur meraih medali perunggu dengan catatan waktu 32 menit 56,958 detik.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini