Sukses

Ketika Ajang MXGP Samota Jadi Magnet Pulau Sumbawa

Liputan6.com, Mataram - Event MXGP Samota Sumbawa yang digelar 24-26 Juni 2022 menjadi pemicu peningkatan arus penumpang penyebarangan Kayangan, Lombok Timur yang menghubungkan Pulau Lombok dan Sumbawa.

Pihak Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Kayangan mencatat peningkatan arus penumpang terjadi sejak Jumat, 24 Juni 2022.

GM ASDP Kayangan Ahmad Faizal mengatakan, puncak peningkatan traffic penyeberangan diperkirakan akan terjadi mulai Jumat malam 24 Juni hingga Sabtu, 25 Juni 2022.

"Tiga hari ini peningkatannya sekitar 4 persen, akan tetapi kita perkirakan akan naik lagi Jumat malam hingga Sabtu, karena puncak MXGP Samota kan pada hari Minggu 26 Juni," kata Faizal, Jumat (24/6/2022).

Faizal mengatakan, saat ini jumlah armada kapal tersedia di penyeberangan Kayangan-Poto Tano sebanyak 24 kapal. Dari jumlah tersebut, hanya 10 kapal yang beroperasi.

Untuk menyiasati lonjakan traffic penyeberangan, pihaknya menyiapkan kapal ekstra. Sebab, peningkatan terjadi bukan karena penumpang saja, melainkan juga untuk kendaraan bus penumpang, mobil station, dan juga sepeda motor.

"Tapi untuk antisipasi lonjakan, kita sudah siapkan kapal ekstra agar tidak terjadi penumpukan," kata dia.

Selain menyiapkan kapal ekstra, ASDP Kayangan juga membangun terminal penumpang tambahan, perluasan areal parkir, dan penambahan loket.

"Ada terminal penumpang tambahan, dari tenda dan menggunakan AC. Jadi penumpang bisa lebih nyaman kalau menunggu penyeberangan nantinya," katanya.

Sementara itu, untuk memecah antrean kendaraan di saat puncak balik pasca MXGP Samota, ASDP juga menambah lahan parkir di pelabuhan Poto Tano Sumbawa Barat.

"Yang jelas ASDP berbuat maksimal demi kenyamanan dan kelancaran penyeberangan, terutama saat MXGP Samota berlangsung dan pasca-event," ujar dia.

ASDP juga memastikan kapal-kapal yang melayani penyeberangan menerapkan standar kebersihan dan CHSE.

 

Simak video pilihan berikut ini: