Sukses

Sidak Pasar Jelang Lebaran, Ganjar Pastikan Suplai Minyak Goreng dan Sembako Aman

Dari sidak yang dilakukan Ganjar di Pasar Wage pada Jumat pagi, suplai minyak goreng curah dari distributor dan agen untuk para pedagang pasar sudah berjalan lancar namun masih dijatah.

Liputan6.com, Purwokerto - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sidak terhadap ketersediaan stok dan harga kebutuhan pokok di Pasar Wage, Kecamatan Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Dari sidak yang dilakukan Ganjar di Pasar Wage pada Jumat pagi, suplai minyak goreng curah dari distributor dan agen untuk para pedagang pasar sudah berjalan lancar namun masih dijatah. Selain itu, ada sejumlah harga kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan.

Kemudian, harga minyak goreng curah juga sudah relatif mendekati harga eceran tertinggi (HET), yakni di kisaran harga Rp17 ribu sampai Rp18 ribu per kg.

"Saya lihat yang jadi problem minyak relatif sudah mulai terpenuhi, apalagi yang curah. Meskipun pembatasan kepada para pedagang kulakan, ya itu cara kontrol menurut saya bagus," kata Ganjar usai sidak, Jumat (22/4/2022).

"Suplainya sudah mulai lancar, rata-rata pedagang akan membeli minyak curah harganya diangka Rp17 ribu sampai Rp18 ribu," lanjut Ganjar.

Untuk kebutuhan pokok, Ganjar menyampaikan, persediaan dan harganya juga aman. Dalam tinjauannya, Ganjar mengatakan hanya harga daging sapi yang mengalami kenaikan. Kenaikannya pun cukup signifikan sekitar Rp20 ribu.

Adapun cabai mengalami penurunan harga. Ganjar menyebutkan, penurunan harga cabai terjadi karena panen dari petani cabai lumayan banyak.

Secara keseluruhan, Ganjar menjelaskan, stok dan harga kebutuhan pasar di Jawa Tengah ada yang harganya mengalami kenaikan, tetapi tidak sedikit juga yang menurun. Bagi Ganjar, yang terpenting adalah stoknya ada di pasar.

"Ada beberapa tempat yang naik dan ada yang turun terkait dengan suplai. Maka nanti kita akan pastikan, yang penting suplainya ada dulu. Kalau kita liat dari kebutuhan sih semua ada barangnya, tinggal harganya saja," ucap Ganjar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daging Sapi Naik

Sementara itu, Yatno, salah satu pedagang bumbu dapur di Pasar Wage berujar, hanya bawang merah yang mengalami kenaikan.

"Hari ini sih paling yang naik bawang merah naik Rp2.000 semua, dari Rp32 ribu sampe Rp34 ribu sekarang. Yang lain sih aman," ujar Yatno.

Adapun Sarni, penjual daging sapi mengatakan, harga daging sapi mengalami kenaikan Rp20 ribu, menjadi Rp150 ribu hingga Rp160 ribu per kg.

"Ya ada yang Rp150 ribu ada yang Rp160 ribu. Jadi ngga ada yang mau beli hari ini berkurang," pungkas Sarni.

Sidak pasar akan terus dilakukan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, untuk menjamin stok kebutuhan pokok di pasar aman. Selain itu, untuk menjamin harga kebutuhan pokok tetap stabil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.