Sukses

Upaya Warga Kariangau Cegah Penyalahgunaan Narkoba Sejak Dini

Salah satu upaya untuk mengendalikan penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja, Tim Penggerak PKK Kelurahan Kariangau menggelar sosialisasi bahaya penggunaan narkoba bagi para remaja.

Liputan6.com, Balikpapan - Salah satu upaya untuk mengendalikan penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja, Tim Penggerak PKK Kelurahan Kariangau menggelar sosialisasi bahaya penggunaan narkoba bagi para remaja. Kegiatan ini bekerja sama Puskesmas Kariangau, Forum Anak Kariangau, dan PT Petrosea.

Sosialisasi ini bertujuan untuk memperkenalkan bahaya narkoba kepada para remaja yang mulai beranjak dewasa. Dalam kegiatan ini narasumber yang dihadirkan dari Badan Nasional Narkotika Kota (BNNK) Balikpapan.

Ketua TP PKK Kariangau, Woro Handayani mengatakan ada sekitar 30 anak perwakilan dari 16 RT se-Kariangau yang mengikuti kegiatan sosialisasi ini.

“Kegiatan ini kami bekerja sama dengan Puskesmas, Forum Anak dan PT Petrosea, untuk memberikan informasi bahaya narkoba kepada para remaja yang ada di Kariangau. Dengan harapan para remaja ini nantinya dapat menjauhi narkoba,” terang Woro, dalam sambutannya saat membuka acara sosialisasi bahaya narkoba di Balai Desa Kelurahan Kariangau, Balikpapan Barat, Minggu (5/12/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Simak video menarik berikut:

3 dari 4 halaman

Pertama Kali Dilakukan

Sementara itu, Lurah Kariangau M Iskandar yang turut hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan, kegiatan sosialisasi bahaya narkoba dengan peserta khususnya remaja ini baru pertama kali digelar di wilayah Kariangau. Dia berharap dengan digelarnya sosialisasi ini para remaja Kariangau dapat terhindar dari bahaya narkoba.

"Apalagi Kariangau ini zona merah dalam kasus narkoba, saya berharap para remaja ini bisa terhindar dari bahaya narkoba yang merusak masa depan bangsa. Karena untuk bekerja di perusahaan atau menjadi pegawai pemerintahan harus bebas narkoba," ujar Iskandar.

Dia juga berterima kasih kepada PT Petrosea yang sudah mensuport kegiatan sosialisasi Napza ini. “Ini juga merupakan bentuk kepedulian PT Petrosea yang sangat peduli dengan Kariangau, karena bukan hanya sekedar memberikan sosialisasi saja tapi sudah banyak bidang yang disupport oleh CSR PT Petrosea,” ungkap Iskandar.

Di tempat yang sama perwakilan Managemen PT Petrosea, Cecilia Tri Novi mengungkapkan kegiatan sosialisasi Napza ini digelar bersamaan dengan hari HIV AIDS sedunia yang diperingati setiap tanggal 1 Desember.

4 dari 4 halaman

Paham Bahaya Narkoba

Tujuan dari kegiatan ini, agar para remaja khususnya yang masih berstatus pelajar SMP maupun SMA ini lebih mengenal lagi bahaya narkoba.

“Karena anak-anak ini hanya melihat dari satu sisi saja, mereka tidak melihat dari sisi bahayanya, mereka anak-anak remaja beranjak dewasa dan mereka ini sumber yang mudah didekati dengan narkoba, oleh karena itu diharapkan dengan sosialisasi ini dapat menghindarkan mereka dari bahaya narkoba,” ujar Cecilia.

Kegiatan ini menurutnya cukup mendapat respons yang baik dari para remaja Kariangau. Bahkan, mereka ada yang penasaran dengan Napza tersebut. “Ini pertama kali digelar di Kariangau untuk remaja, ini tidak pernah tersentuh saya kira remaja-remaja di Kariangau, rencana ke depan kita akan melebar ke sekolah-sekolah yang ada di Kariangau,” tandasnya.

Kegiatan sosialisasi ini juga dibalut dengan permainan dan kuis agar para peserta tidak merasa bosan dalam mendengarkan materi sosialisasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.