Sukses

Kilau Durian Lokal Cisompet Garut, 'Penantang Serius' Durian Montong

Durian lokal Cisompet merupakan durian hasil panen masyarakat Garut selatan yang punya ukuran super besar, manis dan legit.

Liputan6.com, Garut - Memiliki rasa yang lebih legit dengan buah yang lebih tebal, kilau buah durian lokal asal Cisompet Garut, Jawa Barat, memang boleh diadu. Tak berlebihan rasanya jika durian lokal ini dijadikan 'penantang' durian momong yang lebih dulu dikenal.

Dalam kunjungan kerjanya ke Garut bagian selatan beberapa waktu lalu, Wakil Bupati Garut Helmi Budiman sengaja menyempatkan diri, menikmati sajian ragam buah lokal dengan tampilan yang mengoda lidah tersebut.

“Satu dua bulan lagi akan ada panen raya durian, durian dari desa-desa yang ada di Cisompet, rasanya enak dan besar,” ujarnya, akhir pekan kemarin. 

Menurutnya, durian hasil panen masyarakat sekitar di wilayah Garut selatan memang menjanjikan, selain rasanya yang manis, ukuran buahnya pun terbilang besar-besar dengan daging buah yang legit.

“Ukurannya menyerupai kualitas durian Montong,” ujarnya bangga.

Pujian itu memang tidak berlebihan, selain memiliki kawasan hutan luas yang terbilang asri, potensi buah-buahan hasil hutan masyarakat Garut selatan terbilang melimpah.

Tidak hanya itu, selain rasanya yang tak kalah lezat, harga yang dijajakan pun terbilang lebih terjangkau pendatang, sebab berasal langsung dari petani hutan sekitar.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cinta Buah Lokal

Mimin, misalnya, seorang pedagang buah-buahan asal Cisompet itu terbiasa menjual hasil hutan masyarakat sekitar, mulai durian lokal yang berukuran jumbo, petai, gula merah hingga buah-buahan lainnya dengan rasa yang manis.

Dengan segudang potensinya itu, Helmi berkampanye mengajak masyarakat agar lebih mencintai produk lokal Garut.

“Saya mengajak kepada masyarakat Garut untuk membeli produk lokal, buah-buahan lokal, lebih bergizi, rasanya lebih nikmat, aromanya lebih enak (dan) mantap,” pinta Helmi.

Selain menjaga kelestarian alam sekitar dengan mempertahankan pohon buah-buahan yang terkenal mampu mengikat unsur hara tanah, potensi hasil bumi wilayah Garut selatan yang cukup melimpah, sebaiknya dinikmati secara optimal masyarakat Garut.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.