Sukses

Ratusan Ribu Warga NTT Merajut Asa Lewat Kartu Prakerja

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena saat menghadiri dialog dengan perwakilan penerima Kartu Prakerja dari empat kabupaten di Pulau Sumba, di Lelewatu Resort, Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur, Rabu, 27 Oktober 2021.

Liputan6.com, Denpasar - DPR RI apresiasi terjalinnya komunikasi dan koordinasi yang baik antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Nusa Tenggara Timur (NTT), termasuk empat kabupaten di Pulau Sumba, dengan manajemen pelaksana program kartu prakerja.

Kegiatan itu antara lain update perkembangan program, sosialisasi program kepada aparat pemerintah daerah, pendampingan layanan kepada warga serta pengiriman bahan komunikasi.

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena menghadiri dialog dengan perwakilan penerima kartu prakerja dari empat kabupaten di Pulau Sumba, di Lelewatu Resort, Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur.

"Atas kerja sama erat di level teknis tersebut, kami menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya. Kami berharap, program kartu prakerja dapat semakin dirasa manfaatnya oleh warga NTT," kata Melki dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Kamis (28/10/2021).

Dalam kesempatan itu, dirinya berdialog dengan perwakilan alumni kartu prakerja dari Sumba. Melki juga berharap agar potensi sumber daya manusia anggota kartu prakerja ini dapat dimaksimalkan oleh pemerintah daerah setempat.

"Mereka ini produk jadi, sudah punya keterampilan setelah mengikuti berbagai pelatihan di program kartu prakerja. Tinggal sekarang bagaimana pemerintah provinsi, kabupaten, dan kota mengoptimalkan alumni kartu prakerja menjadi agen penggerak ekonomi daerah sesuai potensi lokal daerah masing-masing," ucap Melki.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Program Kartu Prakerja di NTT Meningkat

Sementara itu, Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari memaparkan, sepanjang perjalanan 21 gelombang kartu prakerja dari April 2020 hingga saat ini, Program Kartu Prakerja sudah menjaring 11,4 juta penerima manfaat. Dari jumlah itu, sebanyak lebih dari 195 ribu orang penerima berasal dari 22 kabupaten dan kota se-NTT.

"Provinsi NTT mengalami kenaikan jumlah penerima Kartu Prakerja sangat signifikan. Pada 2020 ada 77,1 ribu peserta dan tahun ini meningkat menjadi 119,7 ribu peserta. Kami bersyukur, Kartu Prakerja dapat membantu meningkatkan keterampilan sekaligus menjadi program semi bantuan sosial di tengah kesulitan ekonomi akibat pandemi," kata Denni.

Sementara itu, Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan Usaha Mikro Kecil, dan Menengah Kementerian Perekonomian Rudy Salahuddin menyatakan harapannya agar pemerintah daerah dapat terus berkolaborasi dengan Program Kartu Prakerja.

"Misalnya dengan memfasilitasi pendaftar program kartu prakerja dan juga menjembatani alumni dengan dunia kerja," kata Rudy yang juga Ketua Pelaksana Komite Cipta Kerja.

Di sisi lain, Erin Carolina Lawa dari Sumba Barat mengambil pelatihan berkaitan memasak dan tata rias. Dari hasil belajar pelatihan, Erin berani membuka usaha berjualan alat-alat rias wajah secara daring.

Rusniati Rambu Ewu Loji dari Sumba Tengah optimal memanfaatkan saldo pelatihannya antara lain dengan belajar "Sukses Jualan Lewat Social Media" serta Simulasi Ujian CAT CPNS Online. Rusniati menggunakan insentif yang diperoleh untuk membangun usaha jual beli sembako.

Benyamin Sacarias Katupu dari Sumba Barat Daya sampai lima kali mendaftar sebelum diterima Program Kartu Prakerja Gelombang 14. Dana insentif digunakan untuk modal bisnis pemnjualan ayam. Pelatihan yang diikuti sangat bermanfaat bagi Benyamin belajar cara bertani jagung di kebun dan panennya bisa digunakan sebagai asupan pakan campuran ayam ternak miliknya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.