Sukses

Pernyataan BMP Papua atas Langkah Pemerintah di Bumi Cenderawasih

Barisan Merah Putih Papua mengapresiasi kinerja pemerintahan Joko Widodo-Amin Ma'ruf terkait pembangunan yang sudah dijalankan.

Liputan6.com, Jakarta - Barisan Merah Putih (BMP) Provinsi Papua mengapresiasi kinerja pemerintahan Joko Widodo-Amin Ma'ruf terkait pembangunan di Papua dan Papua Barat. Lompatan kemajuan dan hasil pembangunan sangat terasa di dua provinsi ini.

Sekretaris Umum BMP Papua menyebutkan salah satu hasil yang menonjol adalah fasilitas-fasilitas pendidikan dan kesehatan. Dua hal itu sangat dibutuhkan rakyat Papua agar bisa lebih maju.

Fasilitas transportasi juga meningkat pesat. Selain itu, harga BBM dan semen yang dahulu sangat tinggi bisa diturunkan bahkan sama dengan harga di Jawa. Terkait pandemi Covid-19, perekonomian dan aktivitas masyarakat, baik di jalan-jalan raya maupun di pasar, sekarang sudah mulai ramai.

"Sekarang keadaan sudah mulai normal dan bagus. Aktivitas transportasi darat, laut dan udara juga sudah kembali normal, dan pasar-pasar sudah ramai," ujar Wusabek di Jakarta, Sabtu (16/10/2021).

Bantuan sosial yang diberikan pemerintah berupa sembako sebagai salahsatu cara untuk membantu masyarakat selama pandemi tersebar merata. Para mama dan nenek-nenek di Papua juga mendapatkan bantuan selama pandemi.

Program vaksinasi Covid-19 juga berjalan dengan baik, khususnya di perkotaan termasuk Papua. Masyarakat lebih sadar diri untuk menjalankan protokol kesehatan dan mengikuti vaksinasi secara tertib.

Secara umum, kata dia, pihaknya mendukung langkah penanganan pandemi Covid-19 dan pembangunan infrastruktur yang telah dilakukan di Papua.

"Kami juga mengapresiasi keberhasilan pemerintahan Jokowi dalam membangun infrastruktur, jalan, bendungan, irigasi/pengairan, jembatan, bandara, dan pembangunan wilayah perbatasan dan lain-lain," katanya.

Anggota BMP Papua, Abraham Jempor, menambahkan, pihaknya juga memberikan apresiasi terhadap keberhasilan pemerintah dalam memulihkan perekonomian nasional yang sempat terpuruk akibat pandemi. "Kami mendorong keberhasilan pemerintah dalam pemulihan ekonomi di masa pandemi," ujarnya.

Pernyataan senada juga disampaikan oleh tokoh muslim sekaligus kepala suku dan panglima perang suku Hilapok, Toufik Ismail Hilapok. Menurutnya pembangunan infrastruktur Papua di era pemerintahan sekarang sangat cepat. Kunjungan Jokowi ke Ppaua juga menjadi sentuhan berarti bagi rakyat Papua.

Perangkat Desa Jiwika, kecamatan Kurulu sekaligus kepala suku Dani, Udin Wardek Wuka, mengatakan selama ini jalan dan listrik belum pernah masuk ke perkampungan sukumereka.

"Kini listrik bisa masuk dan jalan mulai ada meski belum beraspal," katanya.

Saksikan Video Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.