Sukses

Tertarik dengan Danau Toba, Polandia Ingin Kerja Sama Sumut di Sektor Pariwisata

Polandia tertarik mempererat kerja sama dengan Sumatera Utara (Sumut). Potensi sektor pariwisata dan ekonomi Sumut menjadi daya tarik negara Eropa Tengah ini. Hal ini disampaikan Duta Besar Luar Biasa Polandia untuk Indonesia, Beata Stoczyńska.

Liputan6.com, Medan Polandia tertarik mempererat kerja sama dengan Sumatera Utara (Sumut). Potensi sektor pariwisata dan ekonomi Sumut menjadi daya tarik negara Eropa Tengah ini. Hal ini disampaikan Duta Besar Luar Biasa Polandia untuk Indonesia, Beata Stoczyńska.

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, menyambut baik ketertarikan Polandia untuk meningkatkan kerja sama di sektor pariwisata dan ekonomi. Menurutnya, kerja sama ini bisa ditingkatkan ke level yang lebih serius.

"Mereka tertarik dengan pariwisata kita, terutama Danau Toba. Kita juga perkenalkan Tangkahan dan objek wisata lainnya. Mereka juga tertarik perkuat kerja sama di bidang ekonomi, karena Sumut memiliki potensi besar," kata Edy saat menyambut Beata Stoczyńska di Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Jenderal Sudirman, Medan, Kamis (7/10/2021).

Diungkapkan Gubernur Edy, selain pariwisata dan ekonomi, Polandia juga menawarkan kerja sama di bidang energi dan teknologi, terutama Teknologi Informasi (TI) untuk pelabuhan. Edy Rahmayadi mengatakan, akan menindaklanjuti tawaran kerja sama dari Polandia.

"Mereka tertarik dengan pelabuhan kita, seperti Belawan dan Kualatanjung. Akan ditindak lanjuti, kita pelajari," ujarnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Diharapkan Segera Terwujud

Beata Stoczyńska berharap kerja sama Sumut dengan Polandia bisa segera terwujud. Menurutnya, kerja sama yang mereka tawarkan akan mendorong kedua belah pihak untuk lebih maju.

"Kita berharap kerja sama dengan Sumut semakin baik, dan semakin erat. Itu akan mendorong Sumut dan Polandia tumbuh bersama lebih cepat," sebutnya.

3 dari 3 halaman

Keindahan Danau Toba

Beata juga mengungkapkan ketertarikannya dengan Danau Toba. Menurutnya, danau vulkanik terbesar di dunia tersebut memiliki daya tarik besar bagi orang-orang Eropa.

"Danau (Toba) ini memiliki nilai historis yang besar, dan keindahan yang luar biasa. Mudah-mudahan semakin banyak masyarakat Polandia yang datang ke Danau Toba," terang Beata Stoczyńska.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.