Sukses

Mendagri Tito: Perikanan dan Kelautan Bangkitkan Ekonomi Daerah yang Lesu karena Pandemi

Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian meminta pemerintah daerah memprioritaskan sektor ekonomi khusus yang bisa menggenjot ekonomi daerah yang lesu saat pandemi.

Liputan6.com, Palu - Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian meminta pemerintah daerah memprioritaskan sektor ekonomi khusus yang bisa menggenjot ekonomi daerah yang lesu saat pandemi.

Tito menyebut, sektor pertanian dan kelautan adalah dua sektor yang bisa jadi andalan daerah karena terbukti mampu bertahan bahkan menjadi penopang ekonomi daerah. Permintaan produk dua sektor itu diakui justru meningkat saat pandemi.

"Dari data, saya menyarankan pertanian dan kelautan ditingkatkan. Keduanya masih positif, demand-nya tinggi," kata Tito saat berkunjung ke Kota Palu, Jumat (24/9/2021).

Kemudahan akses kredit usaha bagi petani dan nelayan juga disebut bisa menjadi pemicu berkembangnya dua sektor itu.

Langkah itu sendiri sudah dimulai Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah. Gubernur Sulteng, Rusdy Mastura mengaku telah menandatangani perjanjian KUR bersama perbankan sebesar Rp5 triliun untuk warga yang bergerak di sektor pertanian dan perikanan.

Rusdy berharap perjanjian itu bisa dimanfaatkan masyarakat dengan baik. Dia juga memastikan kemudahaan akses akan diberikan.

"Perlu diketahui, pinjaman di bawah Rp100 juta tidak perlu jaminan. Masyarakat juga perlu diedukasi tentang kemudahaan itu," Rusdy mengungkapkan.  

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.