Sukses

Kadin Banten Dukung Arsjad Rasjid di Munas, Begini Alasannya

Menurut Jayabaya, Kadin Banten mulai solid mendukung Arsjad Rasjid setelah acara buka bersama pada Mei lalu.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Kadin Banten Mulyadi Jayabaya mengungkapkan, selama ini pihaknya melihat Kadin hanya disetir sekelompok elite. Itu sebabnya, pihaknya memilih mendukung Arsjad Rasjid lantaran programnya yang ingin memperluas keterlibatan Kadin daerah.

“Kami mengamati Kadin Indonesia hanya milik elite. Dengan konsep yang diusung Arsjad, ini akan menumbuhkan (keterlibatan) Kadin daerah," kata Jayabaya dalam keterangannya, Minggu (20/6/2021).

Menurut Jayabaya, Kadin Banten mulai solid mendukung Arsjad Rasjid setelah acara buka bersama pada Mei lalu. Dalam kampanyenya, Arsjad menjanjikan Kadin yang inklusif dan kolaboratif.

Bos PT Indika Energy Tbk itu juga akan menjadikan Kadin Indonesia sebagai rumah bersama bagi seluruh pengusaha, baik skala kecil maupun besar, dari Aceh sampai Papua.

Jayabaya mengatakan saat ini lebih dari 25 daerah menyatakan dukungan untuk Arsjad. Selain itu, mayoritas pemegang hak suara anggota luar biasa yang berasal dari organisasi diklaim turut menjagokan Arsjad.

"Lebih dari 25 daerah solid mendukung Arsjad rasjid," tegas Jayabaya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2 Calon

Munas untuk memilih calon Ketua Umum Kadin periode 2021-2026 akan dilaksanakan di Kendari pada 30 Juni hingga 2 Juli. Dua calon Ketua Umum Kadin akan bersaing dalam munas. Presiden Direktur PT Bakrie & Brothers Tbk Anidnya Bakrie dan Bos PT Indika Energy Tbk Arsjad Rasjid.

Adapun mekanisme pemungutan suara calon Ketua Umum Kadin dilaksanakan secara tertutup. Pemegang hak suara adalah Kadin daerah dan asosiasinya sebagai mitra.

Tiap-tiap Kadin daerah memiliki tiga hak suara. Dari 34 provinsi, total suara Kadin daerah berjumlah 102. Sedangkan asosiasi yang merupakan mitra Kadin akan mendapatkan hak suara sebanyak 30. Penghimpunan suara dari anggota luar biasa tersebut dilaksanakan melalui konvensi pemufakatan dari total 120 asosiasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Kamar Dagang dan Industri Indonesia atau Kadin Indonesia adalah organisasi pengusaha Indonesia yang bergerak di bidang perekonomian.

    Kadin

  • Kadin Banten