Sukses

Breaking News: Gempa Bumi Kembali Mengguncang Mamuju Sulbar

Gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas sesar lokal

Liputan6.com, Mamuju - Gempa bumi dengan magnitudo 3,7 mengguncang Kabupaten Mamuju Tengah, Sulawesi Barat pada Rabu 20 Januari 2021 pukul 23.19 Wita. Episenter gempa terletak pada koordinat 2,47 LS dan 119.54 BT.

Gempa itu terjadi di darat, tepatnya pada jarak 42 kilometer arah Tenggara Mamuju Tengah pada kedalaman 6 kilometer.

Gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas sesar lokal.

Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, dr Daryono mengatakan, gempa bumi ini tidak berpotensi merusak. Gempa ini turut dirasakan di Kabupaten Mamuju tepatnya di daerah Sampaga dan Bonehau.

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bukan Gempa Susulan Majene-Mamuju

"Gempa ini bukan bagian dari rangkaian gempa susulan (aftershocks) dari gempa magnitudo 6,2 yang mengguncang Majene dan Mamuju," kata Daryono kepada wartawan Rabu malam (20/01/2021).

Daryono menambahkan, gempa yang meluluhlantakkan Kota Mamuju itu, hingga saat ini sangat minim gempa susulan. Hingga saat ini, gempa susulan bertahan diangka 32.

"Kami menyebutnya sebagai gempa miskin susulan (lack of aftershocks)," tutup Daryono.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa mengguncang Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat di awal bulan Juni 2022. Gempa magnitudo tersebut, juga dirasakan di provinsi terdekat.

    Gempa Sulbar

  • Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.
    Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.

    Gempa Hari Ini

  • Mamuju adalah kota yang terdapat di bagian barat Sulawesi.
    Mamuju adalah kota yang terdapat di bagian barat Sulawesi.

    mamuju

  • Gempa Mamuju

  • Gempa Bumi