Sukses

Pemkab Blora Gelar Vaksinasi Perdana Covid-19 pada Februari 2021

Pemkab Blora akan melaksanakan vaksinasi Covid-19 Sinovac pada Februari 2021.

Liputan6.com, Blora - Kabupaten Blora, Jawa Tengah, belum melaksanakan vaksinasi Covid-19 Sinovac pada bulan Januari 2021 seperti di sejumlah daerah. Namun, vaksinasi perdana ini akan dilaksananakan pada Februari 2021 mendatang.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blora, dr Henny Indriyanti mengatakan, alasan pelaksanaan vaksinasi pada bulan depan karena menyesuaikan jadwal yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat.

Ia menyebut, untuk Provinsi Jawa Tengah yang mulai melaksanakan vaksinasi Sinovac pada Kamis, 14 Januari 2021 hanya tiga daerah, yakni Kota Semarang, Surakarta, dan Kabupaten Semarang.

"(Daerah) yang lainnya besok pada bulan Februari 2021," ungkap Henny kepada Liputan6.com, Kamis (14/1/2020).

Henny menambahkan, yang akan disuntik vaksin Covid-19 Sinovac tahap pertama yakni para tenaga kesehatan (nakes). Ia mengaku, rencananya ada sekitar 3.500 dosis yang akan digunakan pada tahapan pertama tersebut.

"Utamanya nakes, tenaga kesehatan dulu," ujarnya.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Akan Disimpan di Gedung Farmasi

Menurut Henny, selama masa menunggu pelaksanaan vaksinasi, vaksin-vaksin tersebut akan disimpan di gedung farmasi terlebih dahulu. Namun, hingga saat ini vaksin masih berada di tingkat provinsi.

"Oh disimpan dulu, kita lihat dulu dan kita simpan dulu di gudang farmasi," katanya.

Lebih lanjut, Henny menjelaskan, meski yang menjadi sasaran utamanya adalah para nakes, tetapi dia memastikan bahwa Bupati Blora siap menjadi orang pertama yang akan disuntik vaksin Covid-19 Sinovac.

"Yang pertama nanti Bapak Bupati. Ya nanti pejabat yang lain kita matur (bilang) dulu," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.