Sukses

Program Para-Para Papua Memacu Putra Putri Terbaik Bumi Cenderawasih

Liputan6.com, Padang - Tanah Papua hingga kini masih membutuhkan sumber daya manusia yang mumpuni untuk membangun dan mengelola kekayaan alam di Bumi Cenderawasih. Untuk mendorong hal tersebut, Kementerian Dalam Negeri mencetuskan Program Para-Para Papua.

Program Para-Para Papua merupakan program mentoring dan coaching yang dilaksanakan oleh profesional muda Papua dari berbagai latar belakang. Tujuannya yakni mengembangkan diri mahasiswa Papua selama berkuliah baik di dalam dan luar negeri.

Pada Minggu 27 September 2020, Dirjen Otda Kemendagri Akhmal Malik bersama Staf Khusus Presiden Billy Mambrasar datang ke Kota Padang Sumatera Barat. Di provinsi ini mereka bertemu dengan mahasiswa asal Papua yang menempuh pendidikan di Minangkabau.

Melalui program Para-Para Papua, Akhmal memotivasi mahasiswa Papua yang tetap mengikuti perkuliahan pada masa pandemi Covid-19.

"Saya berharap sumber daya manusia di Papua terus berkembang guna mendorong NKRI lebih baik, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan pola membangun Indonesia dari Papua," katanya kepada Liputan6.com, Minggu (27/9/2020).

Dalam diskusi yang dilakukan di Asrama Papua Kota Padang itu Akhmal menyampaikan, Papua membutuhkan sumber daya manusia yang unggul untuk mengelola sumber daya alam Papua yang sangat kaya.

Saat ini, puluhan mahasiswa asal Papua menempuh pendidikan di sejumlah perguruan tinggi di Kota Padang, seperti Univertsitas Negeri Padang, Politeknik Negeri Padang, Universitas Andalas, dan Akademi Farmasi.

"Selain itu mahasiswa asal Papua harus lebih percaya diri dan banyak mengambil pembelajaran dari budaya-budaya tempat studi dilaksanakan," ujarnya.

2 dari 3 halaman

Membangun Bumi Cenderawasih

Sementara Staf Khusus Presiden Billy Mambrasar dalam kesempatan itu mengatakan, pihaknya akan terus mendukung dan membuka komunikasi seluas-luasnya untuk mencari solusi dalam permasalahan yang sedang dihadapi oleh para mahasiswa Papua.

"Meski dalam kondisi yang tidak nyaman karena pandemi virus corona, kita semua harus tetap semangat menjalani program belajar, menyelesaikan studi dan kembali ke tanah kelahiran untuk turut serta mebangun Papua dan Indonesia,” ujar Billy.

Kegiatan di Kota Padang ini bertema Para-Para Annes, dimotori oleh Annes Faidiban selaku Asisten Staf Khusus Presiden untuk isu Lingkungan dan Pembangunan Berkelanjutan.

Annes Faidiban merupakan seorang alumnus Penerima Beasiswa Fulbright Masters Scholarship, dari Pemerintah Amerika Serikat dan juga Seorang Duta Komoditas Papua dan Papua Barat.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan juga video pilihan berikut ini: