Sukses

Kampanye Asi Eksklusif di Sumsel Cegah Tingginya Kasus Stunting Anak

Ketua TP PKK Sumsel terus mendorong kampanye ASI eksklusif kepada ibu-ibu agar bayinya tidak mengalami stunting di usia dini.

Liputan6.com, Palembang - Kasus stunting anak masih menghantui Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). Terhambatnya masa pertumbuhan anak, karena asupan gizi yang kurang memadai membuat kasus stunting anak bisa terus dialami oleh para generasi-generasi penerus bangsa.

Salah satu asupan yang sangat penting pada masa pertumbuhan sedini mungkin, adalah dengan memberikan Air Susu Ibu (ASI) eksklusif kepada bayi. Terlebih, ASI menjadi makanan terbaik bagi bayi.

Untuk itu, Ketua TP PKK Sumsel Feby Deru terus mendorong kesadaran para ibu di Sumsel, akan pentingnya ASI bagi bayi-bayi yang baru lahir.

"Kampanye ASI eksklusif ini harus terus dilakukan. Karena itu, kami memberikan pelatihan peningkatan kader Posyandu dan seminar ASI eksklusif di berbagai posyandu di Sumsel,” ucapnya, Jumat (25/9/2020).

Menurutnya, banyak sekali manfaat yang didapat bagi ibu dan anak dengan memberikan ASI ekslusif. Karena memberikan ASI eksklusif ke bayi, akan mengubah sudut pandang kalangan ibu tentang menyusui ini.

Salah satu manfaat menyusui yaitu melindungi bayi dari kuman, menyediakan nutrisi lengkap, jaminan asupan higienis dan aman, membuat bayi tumbuh sehat dan cerdas, mencegah diare dan malnutrisi.

“Serta bisa memperkuat ikatan (bonding) antara ibu dan bayi, mengurangi resiko kanker, membantu memberi jarak pada kelahiran, menghemat biaya, dan menjaga lingkungan. Inilah manfaat luar biasa ASI,” ungkapnya.

Terkait nutrisi lengkap dan jaminan asupan higienis dan aman, istri Gubernur Sumsel Herman Deru tersebut menuturkan, tak ada makanan yang dapat menandingi gizi yang terdapat pada ASI. Terlebih di tengah wabah Covid-19 saat ini, pemberian ASI eksklusif sangat diperlukan.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menghemat Biaya Pengeluaran

Diungkapkannya, ASI sudah pasti aman dan terjamin dikonsumsi bayi. Imunitas bayi pun dapat terjaga. Sehingga, para Ibu tak perlu pusing untuk memberikan susu formula.

“Dengan ASI eksklusif, Ibu bisa menghemat biaya pengeluaran. Lagipula ini salah satu upaya mencegah stunting," katanya.Me

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.