Sukses

17 Orang Reaktif Covid-19 Usai Kontak dengan Sekda Pesisir Barat Lampung

Sebelumnya Sekretaris Daerah Kabupaten Pesisir Barat, N Lingga Kusuma, dinyatakan positif Covid-19.

Liputan6.com, Bandarlampung - Usai kontak dengan Sekretaris Daerah Kabupaten Pesisir Barat, N Lingga Kusuma, sebanyak 17 orang dinyatakan reaktif Covid-19 hasil tes cepat.  

Juru Bicara TGTPP sekaligus Kepala Dinas Kesehatan Pesisir Barat, Tedi Zadmiko, Rabu (23/9/2020) mengatakan, pihaknya langsung melakukan kontak tracing dengan rapid test di hari kedua kepada 221 orang, terdiri dari para pejabat, staf dan pegawai di lingkungan Sekretariat Pemkab Pesisir Barat, usai Sekda N Lingga Kusuma dinyatakan positif Covid-19. 

"Hasilnya, 17 orang reaktif, lalu diteruskan pengambilan swab," ujarnya.

Tedi mengatakan, Dinas Kesehatan Pesisir Barat akan terus melakukan penelusuran di Sekretariat Pemkab maupun orang yang berkontak erat dengan Sekda, sampai batas waktu yang belum ditentukan.

"Pemeriksaan swab 17 orang tersebut kami kirim ke Dinas Kesehatan Provinsi Lampung. Kita tunggu hasilnya sambil diberikan edukasi dan semuanya sudah isolasi mandiri sambil menunggu hasil swab," katanya.

Selain itu, kontak tracing akan terus dilakukan kepada mereka yang pernah bertemu dan berkontak secafa fisik dengan Sekda, meskipun secara fisik terlihat sehat tanpa gejala.

"Sekarang ini Pak Sekda sedang melakukan isolasi selama 10 hari, sesuai pedoman pencegahan dan pengendalian COVID-19 sejak pengambilan sampel swab. Terhitung hari Minggu sudah selesai," ujar Tedi.

Tedi mengharapkan masyarakat dapat menjaga diri, keluarga, dan lingkungannya dari Covid-19, dengan wajib memakai masker, cuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan, menjaga kondisi tubuh dengan berolahraga secara teratur, dan beristirahat yang cukup.

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.