Sukses

Warga Kampung Sengkemang Cemas, 2 Beruang Madu Bertamu Tanpa Diundang

Dua beruang madu berkeliaran di Kampung Sengkemang, Kecamatan Koto Gasib, Kabupaten Siak, Riau, dan memangsa ayam peliharaan warga.

Liputan6.com, Pekanbaru - Entah ada angin apa, dua beruang madu (Helarctos malayanus) tiba-tiba bertamu ke Kampung Sengkemang, Kecamatan Koto Gasib, Kabupaten Siak, Riau, dan memangsa ayam peliharaan warga.

Satwa langka itu bahkan menggunakan dahan dan dedaunan untuk membuat sarang di pohon manggis yang berada sekira 10 meter dari rumah Eni (34) di Kampung Sengkemang.

Eni, seorang warga mengaku, dua kali melihat sepasang beruang berada sangat dekat dengan rumahnya pekan lalu.

"Kami lihat jelas dari jendela dapur ada dua beruang. Mereka memanjat ke atas pohon, dan yang satu sempat dekat sekali dengan jendela," kata Eni.

Dirinya juga mengatakan, baru kali ini ada beruang masuk ke kampungnya dan memangsa ayam milik warga. Hal ini tentu membuat khawatir warga. 

"Anak-anak saya sekarang tidak boleh lagi keluar malam. Kalau hari gelap langsung tutup pintu, karena beruang sering kelihatan waktu malam," katanya.

Kampung Sengkemang merupakan permukiman lama di Kecamatan Koto Gasib, Siak Riau. Area yang mencakup perumahan warga dan rumah dinas PT Pertamina tersebut di sekelilingnya ada kebun kelapa sawit serta tanaman buah seperti durian, manggis, dan jambu.

Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau sudah mengerahkan tim ke Kampung Sengkemang dan memasang perangkap. Perangkap berupa kerangkeng besi dengan satu mangkok berisi umpan di dalamnya diletakkan tidak jauh dari rumah Eni. 

"Beberapa hari ini dikabarkan dua ekor beruang berkeliaran di pemukiman penduduk dan telah memangsa tujuh ekor ayam milik warga," kata Kepala BBKSDA Riau, Suharyono.​​​​​​​

Berdasarkan keterangan warga, menurut Suharyono, dua beruang yang berkeliaran di Kampung Sengkemang merupakan induk dan anak.

"Tim melakukan pengecekan ke lokasi dan menemukan bekas cakaran di kandang ayam dan di pohon manggis serta sarang atau tempat tidur di belakang salah satu rumah warga," katanya.

Kepala Bidang KSDA Riau Wilayah II Heru Sutmantoro mengatakan tim sudah memasang perangkap di jalur kemunculan beruang bersama aparat pemerintah dan warga Kampung Sengkemang.

Dia mengimbau warga tidak panik, namun berhati-hati dan segera menghubungi petugas kalau melihat satwa masuk perangkap atau muncul di lokasi lain.​​​​​​​

"Upaya selanjutnya, apabila ada laporan kemunculan beruang di lokasi yang berbeda, tim akan melakukan pemindahan perangkap kerangkeng pada lokasi kemunculan terbaru," katanya.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.