Sukses

5 Tempat Wisata Alam Purworejo dengan Ragam Sensasi

Purworejo merupakan salah satu kabupaten yang masih termasuk ke dalam provinsi Jawa Tengah.

Liputan6.com, Purworejo - Tempat wisata Purworejo menawarkan beragam destinasi menarik. Kabupaten Purworejo bisa menjadi tujuan wisata bagi turis lokal hingga mancanegara. Wisata alam, wisata sejarah, kuliner, dan budaya merupakan potensi Purworejo dalam mempromosikan wisata di kabupaten ini.

Purworejo didominasi oleh perbukitan, buat kalian yang suka dengan wisata alam, Purworejo punya sederet pesona alam yang memukau dan bisa menenangkan pikiran saat liburan tiba. Berikut Liputan6.com rangkum 5 tempat wisata Purworejo dari berbagai sumber, Jumat (14/2/2020).

Goa Seplawan

Goa Seplawan, wisata peninggalan agama Hindu ini berada di Desa Donorejo, Kecamatan Kaligesing. Di tempat wisata ini ditemukan sebuah arca dewa dan dewi terbuat dari emas murni.

Diyakini, Goa Seplawan merupakan tempat pemujaan karena keberadaan patung Dewa Syiwa dan Dewi Parwati. Kini, patung tersebut dipindahkan ke Museum Nasional. Sebagai gantinya, pemerintah setempat membuat replika patung yang mengisyaratkan bahwa tempat tersebut adalah tempat suci dan sakral.

Hamparan stalaktit dan stalagnit di setiap lorong gua menjadikan tempat ini istimewa. Ditambah suara gemericik air yang mampu menjadi "obat penenang" pengunjung.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Hutan Pinus Kalilo

Hutan Pinus Kalilo merupakan tempat wisata yang menyajikan suasana alam di Purworejo. Hutan Pinus Kalilo merupakan destinasi wisata baru.

Hutan ini berada di Desa Tlogoguwo, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Meski baru, sudah banyak yang berkunjung ke tempat wisata ini. Mereka ingin menikmati hawa dingin dan udara sejuk dengan aroma pinus yang menyegarkan.

Menariknya, berkunjung ke tempat wisata ini tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Cukup dengan Rp2.000, bisa mendapatkan sensasi bersantai dikelilingi pohon pinus.

3 dari 5 halaman

Kawasan Mangrove Demang Gedi

Hutan Mangrove Desa Gedangan, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo dikenal sebagai taman edukasi. Tanaman bakau di TEM Demang Gedi menjulang sampai 7 meter. Bahkan, di beberapa tempat ada yang tumbuh besar mencapai 10 meter.

Hutan Mangrove Demang Gedi menyuguhkan paket wisata seperti pengenalan dan penanaman mangrove. Tidak hanya itu, pengelola juga menyediakan kayak atau perahu kecil untuk mengelilingi hutan itu.

4 dari 5 halaman

Gunung Kunir

Gunung Kunir berada di jajaran pegununangan Menoreh, Desa Benowo, Bener, Purworejo, Jawa Tengah. Tempat wisata ini seperti 'Negeri di Atas Awan'.

Dari ketinggian sekitar 950 meter di atas permukaan laut, para pengunjung dapat melihat pemandangan Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sumbing, dan Gunung Sindoro. Gunung Kunir sangat cocok bagi kalian para pemburu sunrise.

5 dari 5 halaman

Watu Salang

Watu Salang merupakan destinasi wisata baru yang berada di Desa Sukowuwuh, Kecamatan Bener, Purworejo. Tempat wisata menyuguhkan pemandangan Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, dan Pegunungan Manggul Joyo.

Di wisata ini dilengkapi gazebo, gardu pandang, tempat duduk santai, tempat duduk ayunan, dan beberapa spot untuk mendapatkan foto pemandangan terbaik.

(Nadiyah Fitriyah / PNJ)

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.