Sukses

Puluhan Kucing di Karanganyar Mati Mendadak Terjangkit Virus Distemper

Karanganyar - Puluhan kucing di Jaten, Karanganyar, Jawa Tengah, dilaporkan mati mendadak dalam waktu yang berdekatan, akibat terinfeksi Virus Distemper, yang menyerang organ pencernaan.

Seorang warga setempat yang kucingnya turut mati, Ahmad Ludiyanto mengatakan, dirinya telah diberitahu dokter hewn setempat perihal Virus Distemper yang menyerang Karanganyar dalam sepekan belakangan ini.

"Warga banyak yang bertanya ini, kenapa kok bisa mati banyak mendadak. Karena mereka awam mungkin masih khawatir itu terkena apa. Tapi kalau saya pribadi tidak panik karena saya tahu itu karena distemper dan tidak menular ke manusia," ujarnya dikutip Solopos.com, Rabu (29/1/2020).

Camat Jaten, Aji Pratama Heru Kristanto mengatakan, berdasarkan laporan data yang dia peroleh, terdapat sekitar 27 ekor kucing mati di Kecamatan Jaten. Usai temuan tersebut, pihaknya langsung memeriksa semua kucing yang ada di daerahnya.

"Memang benar ada fenomena tersebut dan langsung dari dinas terkait mendatangi lokasi untuk memeriksa. Dari pemeriksaan kucing itu terkena wabah Distemper yang tidak menular ke manusia" katanya.

Sementara itu, Pengawas Hewan Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan Kabupaten Karanganyar, Sutiyarmo menjelaskan, munculnya Virus Distemper lazim terjadi ketika cuaca tidak menentu.

“Virus itu kan tertular karena terjadi interaksi dengan kucing yang sudah terinfeksi. Sebisa mungkin sementara waktu, dikandangkan dulu dan lebih baik lagi kucingnya diberi vaksin agar tidak tertular. Cuaca seperti saat ini memang musimnya dan lazim. Tapi tenang saja karena tidak menular ke manusia," katanya menambahkan.

Baca juga berita Solopos.com lainnya di sini.

2 dari 2 halaman

Simak juga video pilihan berikut ini: