Sukses

Berenang dari Timor Leste ke Australia, Pria Aljazair Terdampar di NTT

Warga negara Aljazair itu nekat berenang dari Timor Leste ke Australia, namun karena cuaca buruk dan ombak yang tinggi ia akhirnya terdampar di Malaka, Nusa Tenggara Timur.

Liputan6.com, Malaka - Haminoumna Abdul Rahman, seorang warga negara Aljazair, diselamatkan oleh sejumlah nelayan di Desa Kletek, Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Malaka, Nusa Tenggara Timur (NTT). Pria tersebut terdampar usai nekat mencoba berenang dari Timor Leste menuju Australia. 

"Warga Negara Aljazair itu terdampar karena nekat berenang dari Timor Leste hendak menuju Australia," kata Kapolres Malaka, Albert Neno kepada wartawan, Selasa (14/1/2020) malam.

Neno menyebutkan bahwa warga negara Aljazair tersebut diselamatkan oleh nelayan pada Sabtu (11/1/2020) malam, sekitar pukul 20.00 Wita. Saat ditemukan, Haminoumna nyaris tak sadarkan diri.

"Saat ditemukan oleh warga, tubuh warga Aljazair ini dalam kondisi yang lemah," ujarnya.

Setelah diselamatkan, lanjut Neno, Haminoumna kemudian dibawa ke Rumah Sakit Umum Penyangga Perbatasan Betun. Di sana dia langsung diberi pertolongan pertama dan menjalani perawatan medis.

Dari hasil interogasi pihak kepolisian, Neno mengatakan bahwa warga negara Aljazair tersebut datang ke Timor Leste sejak awal Desember 2019 silam. Di Timor Leste, Haminoumna tinggal di Dili.

Visanya kemudian habis, dan Haminoumna kekurangan uang untuk melakukan perpanjangan, sehingga akhirnya nekat berenang ke Suai, salah satu Distrik di Timor Leste. Dari Suai, Haminoumna kemudian hendak berenang ke Australia. Namun, karena ombak besar dan cuaca buruk, ia akhirnya terdampar di Kabupaten Malaka, NTT.

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.