Sukses

BMKG Sebut Ada Potensi Hujan Lebat dan Angin Kencang di Sebagian Jabar

Liputan6.com, Bandung - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menerbitkan peringatan dini, soal potensi hujan sedang hingga lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang pada Selasa (3/12/2019), di sebagian besar wilayah Jawa Barat.

Sebanyak 18 wilayah yang berpeluang mengalami kondisi tersebut adalah wilayah Bogor, Depok, Karawang, Purwakarta, Subang, Sukabumi, Cianjur, Bandung, Indramayu, Sumedang, Cirebon, Kuningan, Majalengka, Garut, Bandung, Tasikmalaya, Ciamis, dan Banjar. Hujan lebat disertai angin kencang berpotensi terjadi pada siang sampai sore hingga malam hari.

Selain itu wilayah Sukabumi Selatan, Tasikmalaya, Banjar, Ciamis dan Pangandaran akan terjadi hal serupa pada waktu malam hingga dinihari.

Menurut Prakirawan BMKG Stasiun Klimatologi Bogor Alita Nuraeni, pada pagi hari secara umum kondisi cuaca cerah berawan hingga cerah berawan.

"Berpotensi hujan ringan di sebagian wilayah Bogor selatan, Sukabumi, Cianjur, Subang dan Bandung. Siang dan Sore hari, secara umum cerah berawan hingga berawan, berpotensi hujan ringan. Potensi hujan ringan hingga sedang di wilayah Bogor, Depok, Bekasi, Karawang, Purwakarta, Sukabumi, Cianjur, Bandung, Subang, Indramayu, Cirebon, Kuningan, Majalengka, Sumedang, Garut, Tasikmalaya, Ciamis dan Banjar," kata Alita, Selasa (3/12/2019).

Alita melanjutkan, memasuki malam hari, kondisi mulai berawan serta berpotensi hujan ringan. Potensi hujan sedang hingga lebat itu terjadi di wilayah Sukabumi, Tasikmalaya, Banjar, Ciamis dan Pangandaran. Pada dini nanti secara umum cerah berawan hingga berawan, namun masih berpotensi hujan sedang hingga lebat di wilayah Sukabumi selatan, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar dan Pangandaran.

Untuk suhu udara, Alita menyebutkan wilayah Jawa Barat bagian Utara berkisar di angka 24-33 derajat Celcius dengan kelembapan 40-95 persen. Wilayah Jawa Barat bagian Selatan diperkirakan angka suhunya di 19-33 derajat Celcius dengan kelembapan udara berkisar di 40-95 persen. Kondisi angin sendiri, secara umum bertiup dari arah Selatan hingga Barat Laut dengan kecepatan 05 - 30 km/jam.

2 dari 2 halaman

Simak juga video pilihan berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
BMKG: Gempa Hari Ini Getarkan Pulau Panjang dan Gunung Kidul
Artikel Selanjutnya
Gempa Magnitudo 5 Guncang Gunungkidul Yogyakarta