Sukses

Kepala BNPB Doni Monardo Pantau Karhutla di Riau

Sepanjang perjalanan Kepala BNPB Doni Monardo menyaksikan langsung setidaknya dua helikopter water bombing yang melakukan penyiraman pada sejumlah titik api kebakaran dengan asap tebal.

Liputan6.com, Pekanbaru - Setelah terbang sekitar 1,5 jam menggunakan helikopter dari Bandara Sultan Syarief Kasim Pekanbaru, Kepala BNPB Doni Monardo mendarat di sebuah lapangan di Desa Kerumutan Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau.

Turut mendampingi kedatangan Doni Monardo, Kalaksa BPBD Riau Edward, Danrem Pekanbaru Brigjen Fadjar, Tenaga Ahli BNPB Mayjen Pur Komaruddin Simanjuntak, dan Egy Massadiah.

Sepanjang perjalanan Doni menyaksikan langsung setidaknya dua helikopter water bombing yang melakukan penyiraman pada sejumlah titik api kebakaran dengan asap tebal.

Di Desa Kerumutan rombongan kemudian dikejutkan dengan adanya sejumlah kilang pompa minyak milik Pertamina yang hanya berjarak kurang dari 40 meter dari sumber api.

Dibantu aparat TNI Polri, BPBD, Manggala Agni, mantan Danjen Kopassus dengan sigap ikut serta memadamkan kobaran api yang membakar lahan gambut.

"Ini sangat membahatakan karena ada sumur minyak yang jika tersambar api dapat menimbulkan kebakaran fatal," tegas Doni Monardo sambil memerintahkan Kalaksa BPBD Riau untuk mengirimkan helikopter water bombing hari itu juga untuk melakukan penyiraman dan pemadaman di sekitar lokasi sumur minyak Pertamina dan sumber api sekitarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.