Sukses

Nyanyian Pagi 1.000 Burung pada Hari Kelahiran Polisi

Liputan6.com, Kebumen - Bertajuk pesta rakyat, rangkaian peringatan hari ulang tahun atau HUT Bhayangkara di sejumlah daerah, tahun ini begitu meriah. Masyarakat benar-benar dilibatkan dalam rangkaian acara hari lahir Polri ini.

Salah satunya di Kebumen, Jawa Tengah. Senin pagi, sejak pukul 07.00 WIB, Lapangan Panjer, Kebumen mulai dipadati peserta kicau mania. Sementara armada peserta berdatangan, burung-burung kicauan yang sudah lebih dahulu datang sudah bernyanyi menyambut pagi.

Lapangan Panjer yang biasanya lengang pun kini begitu meriah oleh nyanyian burung-burung dalam rangkaian HUT Bhayangkara ini. Sementara, peserta dari luar daerah mulai membanjir di bagian tanah lapang yang digunakan untuk lahan parkir.

Kapolres Kebumen, AKBP Robertho Pardede mengatakan acara hari itu adalah Lomba Burung Kicau Mania Kapolres Cup ke-3. Kegiatan ini memang telah rutin digelar setiap tahun. Tahun ini, kicau mania menjadi salah satu agenda rangkaian HUT Bhayangkara.

"Kegiatan seperti ini kita fokuskan kepada pesta rakyat. Sehingga semua masyarakat, bisa merasakan dampaknya dari kegiatan lomba burung berkicau ini," katanya, dalam keterangan resminya, beberapa waktu lalu.

Sedikitnya 1.000 pecinta burung kicauan dari seantero Jawa Tengah mengikuti lomba ini. Selain dari Kabupaten Kebumen, peserta berdatangan dari kabupaten tetangga, seperti Cilacap, Banyumas, Banjarnegara, Wonosobo, Purbalingga, dan Kabupaten Purworejo.

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Cipratan Berkah dari Burung Kicauan

Para peserta sadar, kontes akan menaikkan nilai jual. Utamanya, bagi para juara. Karenanya, mereka begitu antusias mengikuti even regional ini.

Secara ekonomi, hobi burung juga menggerakkan ekonomi, mulai dari peternak, penyedia pakan alam, hingga para perawatnya.

Lomba yang begitu semarak itu juga membuat warga Panjer kecipratan berkah. Warga sekitar membuat stan dan warung sederhana. Mereka menjual makanan dan minuman sepanjang perlombaan.

"Panitia menyiapkan plakat dan piagam, serta uang pembinaan kepada para peserta yang burungnya menang dalam lomba," dia menjelaskan.

Hampir serupa dengan di Kebumen, Polres Cilacap merangkul komunitas pecinta burung kicauan dengan menggelar lomba kicau burung Kapolres Cilacap Cup di Arena Gantang Angsana Muda, Cilacap, Minggu, 7 Juli 2019.

Kapolres Cilacap, AKBP Djoko Julianto, mengatakan kepolisian selalu mendukung kegiatan positif yang dilakukan masyarakat. Terlebih, jika kegiatan itu bertujuan untuk menorehkan prestasi.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengajak para pecinta burung kicau untuk menjaga situasi yang aman dan kondusif dan turut menjaga Kabupaten Cilacap dari paham-paham yang mengarah kepada tindakan yang mengarah ke gangguan keamanan.

"Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, kedekatan Polri dengan masyarakat semakin erat guna mendukungnya tercipta situasi di Kabupaten Cilacap yang aman dan kondusif," ucap Djoko.

Loading
Artikel Selanjutnya
Presiden Jokowi Jadi Inspektur Upacara HUT Bhayangkara