Sukses

Sensasi Ayam Bakar dalam Kuliner Legendaris Khas Kediri Soto Bok Ijo Sejak 1969

Soto Bok Ijo Tamanan, merupakan salah satu kuliner legendaris Kota Kediri yang terkenal kelezatannya.

Liputan6.com, Kediri - Dalam masa libur Lebaran dan sekolah seperti saat ini, kuliner khas Kediri, Soto Bok Ijo di Kelurahanan Tamanan setiap harinya tidak pernah sepi pengunjung. 

Antrean panjang mobil, maupun kendaraan roda dua dari berbagai daerah milik para pemudik terlihat terparkir berjajar. Soto Bok Ijo Tamanan, merupakan salah satu kuliner legendaris Kota Kediri yang terkenal kelezatannya.

Jadi tak heran, jika setiap momen lebaran tiba, Soto Bok Ijo Tamanan menjadi tujuan utama bagi para pemudik. Ada 10 orang pekerja yang setiap harinya mangkal di sana menyajikan Soto Bok Ijo Tamanan. Pada saat masa lebaran seperti sekarang, harga soto Bok Ijo Tamanan mengalami kenaikan harga Rp1.000 per porsi.

Jika sebelumnya harga soto dibanderol Rp6 ribu per mangkok, naik menjadi Rp7 ribu per porsi. Jika dibungkus dan dibawa pulang, harganya dipatok Rp8 ribu. "Harganya naik baru-baru ini, sebelumnya per porsi cuman 6 ribu," kata Adi karyawan Soto Pak No Bok Ijo Tamanan.

Menurut Adi, Soto Bok Ijo Tamanan sangat berbeda jika dibandingkan soto umum lainnya. Soto Bok Ijo bumbunya menggunakan santan dan lauknya memakai irisan ayam kampung. Jika masih terasa kurang lauknya, pembeli bisa kembali memesan hidangan ayam bakar yang dijual dengan harga bervariatif.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Soto Legendaris

Ayam bakar Bok Ijo untuk paha harganya, Rp7 ribu, ati empat buah harganya Rp22 ribu, sayap 4 buah Rp17 ribu. Jika dipadukan, menu Soto Bok Ijo Tamanan dengan ayam bakar kenikmatan cita rasa yang tinggi, terasa klop di lidah.

Adi menambahkan, setiap hari Soto Bok Ijo Tamanan buka pukul 08.00 pagi hingga 01.00 WIB. Stok ayam yang disediakan mencapai 60 ekor. Namun, khusus momen Lebaran, stok ayam bakar sudah dipersiapkan kisaran 200 ekor per hari.

Para pemudik yang biasa mampir ke wisata kuliner Soto Bok Ijo Tamanan, biasanya berasal dari luar daerah seperti, Surabaya, Jawa Tengah, Jakarta, bahkan luar pulau sekali pun. Biasanya mereka datang ke Kediri untuk menyambangi sanak saudaranya.

Sekadar diketahui, Soto Ayam Bok Ijo Tamanan ini sudah melegenda sejak tahun 1969. Dikenal dengan sebutan Soto Bok Ijo karena lokasi berjualanya dulu di sekitar Bok Ijo atau jembatan hijau. Kini, lokasinya sudah berubah menjadi pertigaan di samping terminal Tamanan Kota Kediri.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.