Sukses

Waspada 50 Titik Macet Mudik Lebaran 2019 di Jabar

Dinas Perhubungan Jawa Barat memprediksi ada 50 titik kemacetan yang akan terjadi saat masa mudik Lebaran 2019.

Liputan6.com, Bandung - Dinas Perhubungan Jawa Barat memprediksi ada 50 titik kemacetan yang akan terjadi saat masa mudik Lebaran 2019. Terbanyak berada di kawasan Pantura, akibat adanya aktivitas warga setempat di sebanyak 21 pasar tumpah.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat Heri Antasari, penyebab terjadinya kemacetan selain pasar tumpah yaitu adanya empat persimpangan. Kawasan Pantura menjadi salah satu daerah yang akan terjadi kemacetan yang cukup banyak pada masa mudik Lebaran 2019.

"Karena di sana itu menjadi konsentrasi para pemudik dari prediksi kurang lebih 14.900 juta pemudik tadi yah yang dari yang keluar Jadebotabek itu kan 3,7 juta masuk ke Jawa Barat. Karena saya bicara Jawa Barat di sini, maka untuk Pantura ini yang akan melewati tujuh tol Pantura kurang lebih 1,7 juta pemudik. Kemudian yang lewat Pantura ya sendiri kurang lebih 1,2 juta," kata Heri di Bandung, Senin (27/5/2019).

Heri menjelaskan, sisa pemudik yang menggunakan jalur lain, seperti ke jalur tengah, selatan, dan lainnya diperkirakan berjumlah 500 ribu. Sehingga perkiraan pemudik yang melewati Jawa Barat sebut Heri, sebanyak 3,7 juta. Angka itu jumlah pemudik Lebaran 2019 itu mengalami penaikkan 10-12 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Heri menambahkan kondisi yang serupa dengan kawasan Pantura, juga akan terjadi di jalur mudik tengah dan selatan di Jawa Barat. Hal itu disebabkan keberadan persimpangan jalan serta aktivitas warga setempat.

"Kemudian dia jalur tengah atau selatan itu ada sekitar 20-an (persimpangan) juga. Memanjang dari sejak Cianjur, Puncak Sukabumi, masuk ke Bandung kemudian masuk ke Nagreg, Limbangan, Malangbong, dan seterusnya," ujar Heri.

Dinas Perhubungan Jawa Barat menyatakan khusus titik macet di jalur tengah mudik yang diprediksi macet yaitu kawasan Nagreg dan Cileunyi. Jalur tersebut dapat dikatakan menjadi langanan kemacetan setiap mudik Lebaran. 

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.