Sukses

Atap Gudang Bocor, Kotak Suara Pemilu di Jember Rusak

Liputan6.com, Jember - Jelang hari H pencoblosan Pemilu, Rabu 17 April 2019, logistik kotak suara yang sudah dipindahkan dari gudang KPU ke Gudang PPK Sumber Baru, Kabupaten Jember, Jawa Timur, ditemukan rusak.

Kerusakan itu disebabkan atap gudang penyimpanan bocor. Gudang yang dipakai merupakan bekas gedung olahraga yang berada di depan kantor Kecamatan Sumberbaru. Ada 7 kotak suara yang disimpan di dalam gedung tersebut rusak. Sedangkan kotak suara lainnya harus ditutup plastik.

"Kemarin sore hujan yang mengguyur Jember deras sekali. Atap bocor mengenai beberapa kotak suara. 7 kotak suara yang rusak, dan nanti akan kami kembalikan ke KPU kabupaten Jember," kata Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Sumber Baru, Ferri Agus Rudianto, Minggu (14/4/2019).       

Dia menjelaskan, kasus ini sudah dilaporkan ke KPU Kabupaten Jember, untuk mendapatkan ganti yang baru. Meski kondisi gudang dengan atap bocor, dia optimis tidak akan mengganggu kinerjanya. Bahkan untuk mengantisipasi adanya atap yang bocor, pihaknya sudah menyiapkan berbagai alternatif. Salah satunya, memindah kotak suara yang berada di tempat bocor ke aula PKK Kecamatan Sumber Baru.

"Hanya saja, untuk di aula PKK tidak bisa menampung banyak, hanya mampu menampung untuk kotak suara satu Desa saja," ucap Ferry. 

Sementara di sekitar tumpukan kotak suara, yang dekat dengan titik bocornya atap di gedung tempat penyimpanan logistik, masih terlihat genangan air. Namun kotak suara, yang terbuat dari karton tersebut, sudah dilapisi plastik untuk menghindari percikan air.         

Beberapa pekerja PPK, sudah menyiapkan pendistribusian logistik pemilu ke masing-masing desa yang ada di Kecamatan Sumber Baru.      Sementara Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih partisipasi masyarakat dan SDM  KPU Jember,  Ahmad Hanafi saat dikonfirmasi mengaku belum mengetahui adanya kerusakan kotak suara tersebut, karena masih berada di Surabaya. Dia menjelaskan tidak ada persoalan, dengan kerusakan 7 kotak suara itu.

"Kotak suara rusak akan segera kami ganti. Tidak perlu khawatir, karena stok cadangan kotak suara masih banyak," katanya.   

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Bawaslu Sulut Gelar Patroli Cegah Potensi Kecurangan di Pemilu 2019
Artikel Selanjutnya
Memikul Surat Suara ke Desa Pinogu, Jalan Kaki 14 Jam dan Melintasi Hutan