Sukses

Gelar UNBK, SMAN 1 Biak Pinjam Komputer ke Orangtua Siswa

Hal itu dilakukan demi menunjang kelancaran Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMAN 1 Biak.

Liputan6.com, Biak - Demi menunjang kelancaran penyelenggaraan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), pihak Sekolah Menengah Atas Negeri 1, Kabupaten Biak Numfor, Papua, meminjam 100 unit komputer kepada orangtua siswa. Tercatat ada 368 siswa peserta dari sekolah tersebut di hari pertama UNBK, Senin (1/4/2019).

"Ada tiga sesi pelaksanaan UNBK di SMA negeri 1 Biak. Setiap sesi, siswa mendapatkan satu fasilitas komputer," kata Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Biak, Ruben Paknik, seperti dikutip Antara.

Ia mengakui untuk menunjang kelancaran UNBK di SMA 1 Biak pihak sekolah juga telah menyiagakan satu mesin genset, tujuh operator dan dua tenaga teknisi.

Ruben berharap siswa peserta UNBK dari SMA Negeri 1 dapat menjaga kesehatan dan memperhatikan jadwal kegiatan secara Nasional.

"Saya minta orang tua untuk membina anaknya selama UNBK berlangsun. Ini perlu dilakukan agar siswa bisa konsentrasi menghadapi ujian," kata Ruben.

Menyinggung target kelulusan siswa UNBK, menurut Ruben, untuk persentase kelulusan diharapkan 100 persen sama seperti hasil ujian Nasional tahun 2018.

"Siswa peserta UNBK dari SMA Negeri 1 Biak sudah diberikan bekal les belajar tambahan di sekolah serta mengikuti simulasi sehingga bisa berhasil dengan baik," katanya.

Sementara itu, Kepala bidang Pendidikan dan Pengajaran Dinas Pendidikan Biak Japosman Situmorang saat melakukan pengawasan di SMA Negeri 1 Biak mengatakan UNBK di Kabupaten Biak Numfor diikuti 1.811 siswa yang tersebar di 19 sekolah.

"Hari pertama kegiatan UNBK di Biak berlangsung lancar sesuai dengan jadwal secara Nasional 1 April 2019," kata Japosman didampingi Kabid Sarana Prasarana Disdik Simon Rumpaisum MAP.

Data Dinas Pendidikan Biak dari 19 sekolah penyelenggara Ujian Nasional, 10 diantaranya telah melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.