Sukses

Lahan di Aceh Terbakar Sejak Kemarin, Api Belum Padam

Api terlihat di tiga titik, antara lain di Kampung Lapang, Leuhan, dan Suak Raya.

Liputan6.com, Aceh - Kebakaran hutan dan lahan terjadi di Aceh Barat sejak Selasa sore (29/1/2019). Titik api menyebar di beberapa lokasi dan masih belum bisa dipadamkan hingga saat ini. 

Kebakaran hutan dan lahan terjadi di Kecamatan Johan Pahlawan. Api terlihat di tiga titik, yakni Kampung Lapang, Leuhan, dan Suak Raya, dengan luas lahan terbakar untuk masing-masing titik, yakni 4, 2, dan 1 hektare.

Hingga Rabu malam (30/1/2019), petugas masih berjibaku di lokasi untuk memadamkan api dengan sejumlah peralatan pemadam. Setidaknya, 3 unit Pemadam Kebakaran (damkar) dan 14 buah selang air diturunkan untuk melakukan pemadaman.

"Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan. Namun, informasi diterima di Posko BPBD yang disampaikan masyarakat, pada Selasa 29 Januari 2019 pukul 15.00 WIB, bahwa api terlihat sudah dalam keadaan membesar dan  membakar lahan gambut," ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Ahmad Dadek kepada Liputan6.com, Rabu malam (30/1/2019).

Sejumlah petugas disiagakan di lokasi. Selain petugas pemadam kebakaran, di tiga lokasi terlihat sejumlah pihak terkait, seperti petugas TNI/Polri, Radio Antar Provinsi Indonesia (RAPI), Polisi Hutan (Polhut), insan media, dan warga setempat.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.