Sukses

Gereget Pagi Bermain dengan Si Mungil yang Eksotik

Konon, nama ngerenehan merupakan pemberian seorang Raja Demak bernama Raden Fatah.

Liputan6.com, Yogyakarta - Ketika mendengar kata Yogyakarta, apa yang ada di benak Anda mengenai obyek wisatanya? Mungkin kita dengan cepat akan menyebutkan tempat-tempat wisata yang eksotik dan banyak dikunjungi orang. Tapi, pernahkah Anda mendengar obyek wisata pantai Ngrenehan?

Pantai Ngrenehan memang tidak seramai pantai di Jogja seperti Parangtritis, Ngalambor, Parangkusumo, dan sebagainya. Namun siapa sangka, keindahan yang dimiliki pantai Ngrenehan ternyata tidak kalah menakjubkan.

Konon, nama ngerenehan merupakan pemberian seorang Raja Demak bernama Raden Fatah. Destinasi wisata yang satu ini memiliki banyak keunggulan. Segala keindahannya bisa dinikmati dengan hanya membayar tiket masuk yang lumayan terjangkau, bahkan sangat murah.

Ngrenehan memang sebuah pantai kecil, semacam ceruk yang terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Gunung Kidul.

Meskipun cukup mungil, namun pantai ini begitu unik dan menawan karena menawarkan keindahan pemandangan pasir putih yang tersembunyi di antara dinding-dinding karang.

Tak hanya elok dipandang baik dari bawah maupun dari atas, dinding karang ini juga berfungsi untuk menjinakkan terjangan ombak ganas yang menghampiri bibir pantai. Dengan kata lain ombak yang mampir ke pantai Ngrenehan sangat ramah, tidak terlalu besar, sehingga cocok digunakan sebagai tempat berwisata bagi anak-anak yang ingin berenang di pinggiran pantai.

Tak cuma itu, pengunjung dapat menyaksikan langsung aktivitas memancing maupun para nelayan setempat dalam mencari ikan. Hasil tangkapan tersebut langsung dibawa ke tempat pelelangan ikan.

Para penggemar seafood juga dapat menikmati ikan siap saji dengan meminta pemilik warung di kawasan pantai untuk mengolahnya dan dinikmati bersama nasi liwet dengan harga terjangkau. Atau membawa beragam ikan dan lobster yang masih segar sebagai oleh-oleh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Akses Menuju Pantai

Kalau penasaran bagaimana rasanya menjadi nelayan, Anda pun bisa mencoba memancing bersama mereka atau hanya sekedar mengarungi lepas pantai dengan menyewa perahu tradisional.

Bagi Anda yang penasaran ingin berkunjung ke tempat ini, aksesnya sangat mudah. Dimulai dari kota Yogyakarta, lakukan perjalanan menuju ke daerah Piyungan, Kabupaten Bantul. Tiba di Piyungan, mengarah ke daerah Pathuk lalu lanjut ke Sambipitu.

Tidak jauh dari sana, lanjutkan perjalanan hngga menemukan Lapangan Terbang dengan bertuliskan Gading, kemudian melaju terus hingga menemukan simpang tiga. Ambil arah yang menuju ke Playen. Selanjutnya, dari Playen mengarah ke Paliyan lalu Pasar Trowono.

Setibanya di Trowono, bisa langsung menuju ke Desa Kanigoro. Kemudian anda akan segera tiba di tempat penarikan retribusi atau tempat pembelian tiket masuk pantai. Lakukan pembayaran untuk memasuki kawasan pantai, jadi satu tiket bisa digunakan untuk mengunjungi banyak pantai.

Setelah membayar retribusi, lanjutkan perjalanan menuju ke Pantai Ngrenehan. Perjalanan ini bisa anda lakukan dengan menaiki kendaraan beroda dua atau kendaraan pribadi lainnya seperti mobil.

Sempatkan juga untuk mengunjungi pantai lain di sisa waktu liburan Anda agar memiliki kesan yang lebih banyak.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.