Sukses

Hujan Es dan Puting Beliung Terjang Situbondo, Warga Berlarian

Warga berusaha mencari tempat berlindung dari hujan es karena butiran es yang jatuh ukurannya cukup besar atau seperti ukuran buah anggur.

Liputan6.com, Situbondo - Hujan es dan angin puting beliung menerjang desa wilayah Kabupaten Situbondo, Jawa Timur namun hingga saat ini petugas BPBD setempat masih melakukan pendataan kerusakan rumah di desa yang ada di Kawasan Gunung Argopuro itu.

"Hujan es terjadi di Desa Alas Tengah, Kecamatan Sumbermalang sekitar pukul 14.00 WIB dan durasi hujan es sekitar 15 menit," kata Kepala Resort Kesatuan Pemangku Hutan (KRPH) Kecamatan Sumbermalang, Imam Khodori saat dihubungi lewat telepon di Situbondo, Minggu (18/11/2018) malam.

Ia menceritakan, bahwa hujan es terjadi ketika dirinya sedang melakukan patroli di kawasan hutan desa setempat, dan tidak lama kemudian tiba-tiba hujan es terjadi, warga yang ada di kawasan hutan lindung itu langsung berlarian dan berlindung di warung dan gubuk di kawasan hutan.

Menurut dia, warga berusaha mencari tempat berlindung dari hujan es karena butiran es yang jatuh ukurannya cukup besar atau seperti ukuran buah anggur dilansir Antara.

"Lumayan sakit terkena butiran hujan es, warga sekitar berlarian, ada juga beberapa warga yang sedang mencari rumput berlindung di bawah pohon bambu," lanjutnya.

Ia mengemukakan informasi yang didapat dari rekannya, di Desa Taman Kursi, Kecamatan Sumbermalang juga dilanda hujan es disertai angin puting beliung.

"Kata teman teman saya di Desa Taman Kursi juga hujan es dan angin puting beliung, namun kami juga belum tahu jumlah rumah rusak akibat puting beliung," ujarnya.

Sementara Koordinator Pusat Pengendalian Operasi (Pusdal Ops) BPBD Situbondo, Puriyono mengaku masih melakukan pendataan ke lokasi bencana alam puting beliung di desa yang ada di kawasan Gunung Argopuro tersebut.

"Kami masih perjalanan, dan informasinya memang (puting beliung) di Desa Taman Kursi, nanti kami informasikan kembali," katanya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.