Sukses

476 Formasi CPNS Pemprov Sumbar Terancam Tidak Terisi

Dari 864 lowongan formasi yang tersedia, hanya 388 orang yang berhasil lulus passing grade tes Seleksi Kemampuan Dasar (SKD).

Liputan6.com, Padang - Passing grade SKD yang terlampau tinggi membuat formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Pemprov Sumatera Barat terancam tidak terpenuhi. Pasalnya dari 864 lowongan formasi yang tersedia, hanya 388 orang yang berhasil lulus tes SKD.

"Jumlah peserta ujian di Pemprov Sumbar sebanyak 12.281 orang, namun hanya 388 orang yang nilainya di atas passing grade untuk Seleksi Kemampuan Dasar (SKD)," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemprov Sumbar, Yulitar di Padang, seperti dikutip dari Antara, Rabu (14/11/2018).

Pelaksanaan Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) itu masing-masing tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelegensia umum (TIU), dan tes karakteristik pribadi (TKP).

Yulitar menyatakan, jumlah peserta yang lulus itu tidak sampai setengah atau hanya 44,9 persen dari kebutuhan CPNS untuk daerah itu pada 2018.

Jumlah yang minim itupun masih bisa berkurang karena setelah lulus SKD, ternyata peserta masih harus mengikuti Tes Kemampuan Bidang (TKB).

"Kami akan berkoordinasi dulu dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) apakah akan melanjutkan TKB atau akan ada kebijakan lain," ujarnya.

Koordinasi juga akan dilakukan terkait formasi yang tidak terisi di Pemprov Sumbar, karena pemerintah setempat membutuhkan tenaga baru agar pelayanan bisa secara maksimal.

Menurutnya, ada wacana passing grade diturunkan agar jumlah peserta yang lulus bisa bertambah, atau merangking hasil TWK, TIU dan TKP peserta.

"Kami menunggu kebijakan pusat terkait hal ini," tandas Yulitar.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.