Sukses

Sulitnya Menjinakkan Si Jago Merah di Gunung Ciremai

Helikopter type mi 8 water bombing itu membasahi area yang sudah terbakar tepatnya di bawah Gunung Dulang sebanyak 12 kali.

Liputan6.com, Jakarta Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengerahkan helikopter water bombing untuk memadamkan kebakaran yang melanda kawasan hutan Taman Nasional Gunung Ciremai di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat yang belum berhasil dipadamkan.

"BNPB menurunkan helikopter type mi 8 water bombing yang berkapasitas 4.000 liter untuk pembasahan area yang sudah terbakar," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan, Agus Mauludin di Kuningan, Sabtu 13 Oktober 2018.

Ia mengatakan, helikopter type mi 8 water bombing itu membasahi area yang sudah terbakar tepatnya di bawah Gunung Dulang sebanyak 12 kali.

Menurutnya, saat ini kebakaran yang melanda kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) diperkirakan sudah menghanguskan seluas 1.310 hektare dan juga membakar kawasan Kebun Raya Kuningan seluas 19 hektare.

Kebakaran kawasan TNGC terjadi sejak 30 September 2018 dan sampai 13 Oktober belum juga dapat dipadamkan.

Agus menambahkan kendala yang dihadapi oleh tim gabungan yaitu kondisi medan yang berbukit dengan dominasi tumbuhan alang-alang dan perdu yang mengering.

"Selain itu juga arah angin yang berubah-ubah, jadi menyulitkan dalam memadamkan api di Gunung Ciremai," katanya.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.