Sukses

Habis Banjir, Terbitlah Khawatir

Banjir melanda Kecamatan Rumbai. Ketinggian air mencapai 1,2 meter.

Liputan6.com, Pekanbaru - Sejak Selasa malam, 9 Oktober 2018, ratusan warga di Kecamatan Rumbai, disibukkan menyelamatkan perkakas rumahnya karena direndam banjir hingga 120 sentimeter. Genangan air musiman ini disebabkan hujan deras yang mengguyur Kota Pekanbaru hingga dini hari Rabu (10/10/2018).

Sebagian warga, khususnya wanita dan anak-anak, dievakuasi ke tempat ibadah sekitar. Sementara lainnya berjaga untuk menjaga benda-benda dari rumah yang dikeluarkan begitu banjir datang.

Banjir terparah terjadi di Perumahan Perumahan Indra Palas, Jalan Sri Indra II, RT 02 RW 08, Kelurahan Rumbai Bukit. Ada 128 kepala keluarga (KK) atau 582 warga yang terdampak banjir.

Menurut Ketua RW 08 Jafri menyebutkan, dari jumlah itu ada 103 KK yang menjadi korban terparah. Sisa lainnya tidak begitu parah karena air hanya selutut masuk ke rumah hingga tak perlu dievakuasi ke mushala dan tenda BPBD.

"Ini banjir yang paling besar dari pada sebelumnya. Banjir ini merupakan siklus 5 tahunan, tinggi banjirnya sampai 120 meter, makanya para korban dievakuasi ke musala terdekat dan tenda BPBD," ujar Jafri kepada wartawan, Rabu (10/10/2018) siang.

Jafri menjelaskan, air mulai tergenang pada Selasa (9/10/2018) sekitar pukul 20.30 WIB. Air begitu cepat naik sehingga warga hanya bisa menyelamatkan benda di rumah seadanya saja.

Jafri menerangkan, musibah banjir ditengarai karena masifnya pembangunan perumahan di bantaran Sungai Siak. Sungai ini tak mampu lagi menampung air apabila terjadi hujan deras karena sudah dangkal.

"Semenjak ada perumahan memang banjir terus. Sudah 10 tahun. Cuma pemerintah gak tau atau gak dipikirkan. Kalau menyampaikan dan meninjau langsung sudah dilakuakan. Kapasitas sungai kecil," bebernya.

Ia pun berharap agar pemerintah dapat segera mengambil langkah konkret untuk penanganan masalah banjir yang menahun ini. "Kami berharap agar sungai dibesarkan," harapnya.

Pantauan di lokasi, banjir memang mulai surut. Sebagian warga kembali lagi ke rumah untuk membersihkan teras dan ruangan. Hanya saja, warga tetap risau karena Pekanbaru mulai memasuki musim hujan.

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.