Sukses

Tiap Malam Puluhan Orang Berendam di Umbul Gedaren, Ada Apa?

Pemandian Umbul Tirto Pawitro Sari atau masyarakat mengenalnya dengan Umbul Gedaren yang ada di Desa Gedaren, Kecamatan Jatinom, Klaten belakangan ramai dikunjungi.

Klaten - Pemandian Umbul Tirto Pawitro Sari atau masyarakat mengenalnya dengan Umbul Gedaren yang ada di Desa Gedaren, Kecamatan Jatinom, Klaten belakangan ramai dikunjungi. Bukan tanpa sebab, air dari pemandian ini dipercaya mampu mengobati beragam penyakit, bahkan bisa dimanfaatkan untuk terapi pengobatan gejala sakit stroke.

Menurut informasi yang dikutip dari laman Solopos.com, Senin (1/10/2018), rata-rata ada 20-30 orang yang berendam di umbul tersebut pada malam hari. Mereka datang dari berbagai daerah.

"Setiap malam ada 20-30 orang berendam di sini. Selama ini tidak ada pungutan retribusi artinya masih digratiskan. Pengunjung hanya membayar parkir," kata Kepala Desa Gedaren, Sri Waluyo saat dijumpai Solopos.com di desa tersebut, Sabtu, 29 September 2018.

Pemerintah Desa (Pemdes) Gedaren berencana memanfaatkan Umbul Gedaren itu untuk pariwisata. Untuk pengembangan desa wisata itu, lanjut Kades, Pemdes menggelontorkan dana Rp 400 juta lebih dari dana desa untuk pembangunan kolam terapi dan kolam renang hiburan.

Proses konstruksi sedang berjalan. Penataan wisata air Umbul Gedaren diharapkan bisa membuka peluang usaha baru, membuka lapangan kerja, dan diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Dari semua itu muaranya adalah ada peningkatan kesejahteraan masyarakat," tutur Waluyo.

Baca juga berita lainnya di Solopos.com.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.