Sukses

Jelajah Budaya Nusantara di Taman Nusa Bali

Cukup mengunjungi Taman Nusa, kita bisa mengenal seluruh ragam kebudayaan di Indonesia.

Liputan6.com, Denpasar Sudah pernah ke Taman Nusa? Miniatur Indonesia yang terletak di Jalan Taman Bali, Banjar Blahpane Kelod, Desa Sidan, Gianyar, Bali ini memiliki salah satu unggulan yang tak boleh anda lewatkan begitu saja. Di Taman Nusa, Anda bisa mengenal segala macam kebudayaan di Indonesia hanya dalam waktu singkat.

Seperti yang disajikan Taman Nusa saat mendapat kunjungan dari ratusan turis asal Tiongkok siang tadi. Parade budaya digelar di Taman Nusa untuk memperkenalkan ragam dan kekayaan kebudayaan Tanah Air kepada turis mancanegara.

General Manager Taman Nusa, I Nyoman Murjana menjelaskan, melalui parade budaya, Taman Nusa ingin mengenalkan budaya Nusantara kepada para pengunjungnya.

"Parade budaya yang kami sajikan ini untuk mengenalkan ragam budaya Nusantara. Di Taman Nusa kita akan diajak menjelajah budaya," kata Murjana di sela acara, Jumat 14 September 2018.

Parade budaya Nusantara sendiri sudah disajikan sejak dua tahun lalu. Namun, event ini belum regular digelar oleh Taman Nusa. Parade budaya Nusantara bisa disajikan berdasarkan pemesanan terlebih dahulu.

"Parade budaya Nusantara ini sudah kita lakukan sejak dua tahun lalu. Kami memang mengutamakan untuk menyajikan parade budaya Nusantara ini kepada tamu dalam bentuk grup, sekurang-kurangnya 200 orang," ujarnya.

Saban tahun, turis mancanegara bisa menyaksikan parade budaya Nusantara di Bali melalui event Pesta Kesenian Bali (PKB). Dengan catatan, tamu yang tengah berlibur ke Bali harus menyesuaikan jadwal terlebih dahulu, karena event ini hanya diselenggarakan selama sebulan dalam setahun.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kampung Budaya Nusantara

Namun di Taman Nusa, kapan saja event parade budaya Nusantara bisa disaksikan asal melakukan pemesanan terlebih dahulu. Oleh sebab menampilkan destinasi yang cukup unik, spesifik dan mendidik, Taman Nusa kebanjiran pesanan parade budaya Nusantara untuk event pertemuan IMF-World Bank yang akan diselenggarakan di Bali pada Oktober mendatang.

"Delegasi IMF-World Bank telah menjadwalkan untuk berkunjung ke Taman Nusa. Kami telah dihubungi oleh EO (Event Organizer) untuk menyiapkan paket parade budaya Nusantara. Ada 350 orang delegasi IMF-World Bank yang sudah confirm akan berkunjung ke Taman Nusa," ujarnya.

Parade budaya yang digelar Taman Nusa menyajikan kesenian dan kebudayaan tradisional dari seluruh provinsi di Indonesia. Ratusan peserta dari sanggar terdekat maupun pelajar SMA dilibatkan dalam event itu.

Pada parade budaya Nusantara, wisatawan akan disajikan aneka ragam kesenian khas tradisional masing-masing provinsi di Indonesia. Satu per satu kesenian akan ditampilkan lengkap dengan atribut dan berbagai macam perlengkapan.

Sejumlah wisatawan yang mengunjungi Taman Nusa tak henti menyatakan kekagumannya atas keragaman dan kekayaan kebudayaan yang dimiliki Indonesia. Mereka tak berhenti mengabadikan moment yang bisa jadi hanya dilihatnya satu kali seumur hidupnya.

Usai menyaksikan parade budaya Nusantara, turis asing itu dipersilakan mengunjungi kampung budaya. Tunggu Apalagi, segera kunjungi Taman Nusa dan nikmati sajian parade budaya Nusantara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.