Sukses

Kronologi Ridwan Kamil Ditabrak Pengendara Sepeda Motor Saat Bersepeda di Bandung

Penabrak Ridwan Kamil sempat memaki-maki sebelum menyadari korbannya adalah Wali Kota Bandung.

Liputan6.com, Bandung - "Kabur Razia Nabrak Walikota" yang ditulis oleh Wali Kota Bandung Ridwan Kamil pada unggahannya di Instagram, Selasa, 21 Agustus 2018, menjadi perbincangan warganet di jagad maya. Pria yang karib disapa Emil itu pun memberikan penjelasannya.

Emil mengaku ditabrak oleh pengendara roda dua saat dirinya akan berangkat ke acara ground breaking pembangunan Teras Cihampelas tahap kedua.

"Setelah melewati perempatan lurus ke Surapati di daerah Gasibu, saya di jalur kiri sudah mepet-mepet. Saking sopannya bersepeda kan. Tiba-tiba garis yang sama, motor tanpa basa-basi menabrak saya," kata Ridwan dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com.

Parahnya lagi, lanjut dia, pengendara tersebut memaki-makinya usai menabrak karena dianggap menghalangi jalannya. "Setelah dia tahu saya, baru pucat," ungkapnya.

Bukan hanya itu, Emil mengatakan, pengendara bermotor tersebut tidak memiliki kelengkapan surat-surat. Ia tidak bisa menunjukan Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

"Ditanya SIM, nggak ada. Ditanya STNK, bilangnya ketinggalan dan kenapa saya tanya lawan arus, bilangnya ada yang ketinggalan," ujarnya.

Alasan si pengendara motor itu ternyata dibuat-buat. Setelah dicek, ketahuan bahwa ia sedang menghindari razia lalu lintas yang digelar polisi.

"Karena 100 meter dari titik tabrakan sedang ada razia motor. Jadi dengan dia naik motor banyak pelanggaran. Jadi balik kanan lah," ucap Emil.

Atas insiden tabrakan sepeda itu, Emil mencatat ada lima dosa yang dibuat si akang pemotor. Di antaranya, melawan arus, tidak memakai pelat nomor, tidak ada SIM dan STNK, dan menabrak Wali Kota Bandung.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jumat Bersepeda

Emil mengaku rutin bersepeda tiap pagi, termasuk saat hendak bekerja. Rute perjalanannya dari rumahnya di Cigadung ke Balai Kota Bandung atau ke Pendopo.

Atas insiden tabrakan yang dialaminya, ia mengimbau warga Kota Bandung, khususnya para pengguna jalan, wajib mematuhi aturan dan taat lalu lintas.

"Kita hidup berlalu lintas ini harus taat. Kalau taat hidup aman. Kalau tidak, risiko ambil sendiri," imbaunya.

Sebelumnya, Ridwan mengunggah foto lewat akun Instagramnya. "Barusan pas Bike To Work, saya dan sepeda kesayangan ini ketabrak motor yang melawan arus yang mencoba kabur dari razia, di Jln Surapati," tulisnya pada unggahan itu.

Ridwan Kamil dikenal dengan aktivitasnya mengendarai sepeda. Sejak menjadi orang nomor satu di Kota Bandung periode September 2013, Emil sering mendatangi Balai Kota dengan menggunakan sepeda. 

Bahkan, untuk mendorong warga Bandung untuk mencintai sepeda dan menjadikan sepeda sebagai sarana transportasi, suami Atalia Praratya pun mencanangkan Jumat Bersepeda. Setiap Jumat, ia mengimbau warga Kota Bandung untuk beraktivitas dengan bersepeda.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.