Sukses

3 Profesor Jepang Bakal Kupas Tuntas soal Ninja di Unsoed Purwokerto

Ninja saat ini dikenal di seluruh dunia lewat film, animasi hingga buku. Namun, seperti apakah ninja yang sebenarnya?

Liputan6.com, Jakarta - Ninja saat ini dikenal di seluruh dunia lewat film, animasi hingga buku. Namun, seperti apakah ninja yang sebenarnya?

Japan Foundation akan memboyong tiga profesor dari Jepang untuk bicara seputar ninja di Indonesia. Bekerja sama dengan Universitas Mie yang memiliki Departemen Studi Ninja, para profesor akan menyampaikan informasi menarik seputar ninja berdasarkan pengamatan melalui bukti-bukti sejarah dan budaya populer yang berkembang.

Para pembicara yang didatangkan adalah Profesor Yuji Yamada, Master Jinichi Kawakami yang merupakan Direktur Kehormatan Ninja Museum Igaryu serta Kepala Keluarga ke-21 klan ninja Koka, juga associate professor Katsuya Yoshimaru.

Dilansir Antara, Selasa, 10 Juli 2018, Yuji Yamada pernah menulis beberapa buku tentang ninja. Misalnya, The Spirit of Ninja Kosaiji Books, Ninja no Rekishi (History of Ninja; penerbit: Kadokawa), dan Ninja ha Sugokatta (Ninja was Amazing; penerbit: Gentosha Inc).

Sementara itu, Katsuya Yoshimaru adalah associated professor di Fakultas Ilmu Budaya di Universitas Mie yang mendalami sastra modern Jepang. Ia sudah menulis buku-buku seperti Ninja Bungei Kenkyu Dokuhon (Ninja Literary Research) yang diterbitkan oleh Kasama Shoin, dan Ninja no Tanjou (The Birth of Ninja) yang diterbitkan Benseishuppan.

Jinichi Kawakami adalah specially appointed professor di Universitas Mie yang merupakan seniman bela diri dan peneliti Ninjutsu. Beberapa buku yang pernah ia tulis adalah Ninja in Illustration (penerbit Nitt Shoin) dan The Rules of Ninja (penerbit Kadokawa).

Seminar ninja tersebut akan diselenggarakan di Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Jawa Tengah, pada 13 Juli 2018. Serta, Japan Foundation Jakarta pada 15 Juli mendatang.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.