Sukses

Tolong Selamatkan Rumah Godang di Riau

Liputan6.com, Kuantan Singingi - Bila warga Minang terkenal dengan Rumah Gadang, masyarakat Kenegerian Teluk Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau, memiliki rumah adat yang bernama Rumah Godang. Mereka kini berharap pemerintah memperbaiki Rumah Godang karena kondisi bangunan sudah banyak yang rusak.

"Kami meminta agar bupati dan wakil bupati memperbaiki yang rusak tersebut," kata Ketua Panitia Halal Bihalal Masyarakat Kenegerian Kuantan Singingi Bamba Rianto di Teluk Kuantan, Senin, 18 Juni 2018, dilansir Antara.

Selama ini, masyarakat sudah memelihara dengan baik Rumah Godang tersebut, sebagai aset berharga bagi daerah, warga, serta suku. Namun, katanya, ada sejumlah posisi dari "Rumah Godang" itu yang terlihat sudah mulai lapuk dan rusak akibat usia.

"Untuk itu dibutuhkan perbaikan secepatnya," katanya.

Ia menyebut Rumah Godang Suku Nan Tigo, Suku Nan Ompek, Suku Nan Limo, dan Suku Nan Onam terlihat sudah memprihatinkan sehingga perlu penanganan serius oleh pemerintah kabupaten. Tempat tersebut selama ini juga dijadikan salah satu aset dan objek wisata lokal.

"Semoga ada fasilitas penunjang lain yang dibangun agar terlihat lebih menarik," katanya seraya juga meminta disediakan tenaga honorer untuk ditempatkan di Rumah Godang sebagai penjaga, petugas kebersihan, dan sekaligus pemandu wisata.

Bamba Rianto menyampaikan keluhan dan permohonan itu langsung kepada Bupati Kuantan Singingi Mursini dan Wakil Bupati Halim serta Ketua DPRD Andi Putra, Anggota DPRD Riau Supriati yang hadir pada acara halal bihalal pada Minggu, 17 Juni 2018.

Bupati Mursini merespons dengan cepat dan positif aspirasi masyarakat tersebut. Ia berjanji segera memperbaiki kerusakan yang terjadi atas Rumah Godang itu, sebagai kepedulian untuk melestarikan aset daerah yang bernilai tinggi tersebut.

"Saya juga mengajak semua pihak ikut berperan aktif," katanya.

Pemerintah kabupaten setempat akan segera mencari solusi terkait dengan kondisi Rumah Godang itu.

"Jika terjadi kekurangan dana, berharap anggota DPRD Riau dari Dapil Kuansing dapat meminta pihak provinsi untuk turun tangan, sehingga semua akan menjadi lebih optimal," katanya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.