Sukses

Paus Pembunuh Mondar-mandir di Perairan Gorontalo

Paus pembunuh atau paus orca empat kali terlihat di perairan Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, sejak Januari hingga Mei 2018.

Liputan6.com, Bone Bolango - Paus orca (Orcinus orca) atau paus pembunuh, empat kali terlihat berada di perairan Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, sejak Januari hingga Mei 2018.

"Saat itu saya sedang membawa dua orang turis mancanegara dan seorang pemandu, lalu tiga ekor paus orca melintas pada tanggal 26 Maret di sekitar lokasi wisata Hiu Paus," ucap salah seorang nelayan di Botubarani, Arfan Ali, Kamis, 31 Mei 2018, dilansir Antara.

Ia mengaku melihat paus orca atau paus pembunuh melintas di perairan Desa Botubarani. Pada 22 Mei 2018, muncul pula tiga paus orca terdiri atas dua paus ukuran besar dan satu paus sekitar 3 meter.

Peneliti paus orca, Verrianto Madjowa, menjelaskan bahwa kemunculan mamalia laut di perairan Gorontalo terjadi pada bulan Februari, Maret, dan Mei.

"Di Botubarani, paus pembunuh ini menyusur di pinggiran pantai berjarak 350 meter dari pasang tertinggi. Tanggal 22 Mei tiga paus pembunuh melintas di Botubarani," katanya.

Paus pembunuh dengan nama lokal paupausu itu juga terlihat pada 26 Maret 2018, yakni tiga paus terlihat di Botubarani dan Kurenai.

"Sementara pada bulan Februari, paus pembunuh muncul tanggal 7 di Botubarani dan tanggal 23 di Lopo-Kayubulan, Batudaa Pantai," pungkas Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Sarjana Kelautan Indonesia (Iskindo) itu.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.