Sukses

2 Buku buat Risma dari Pejabat Amerika Serikat

Dua buku dari pejabat Amerika Serikat itu berisi cerita tentang makanan.

Liputan6.com, Surabaya - Konsul Jenderal Amerika Serikat di Surabaya, Jawa Timur, Heather Variava memberikan hadiah berupa dua buah buku tentang negara bagian asalnya Iowa dan mengenai makanan khas Amerika kepada Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

"Alasan memberi buku kuliner ini ke bu Risma karena saya menyukai kuliner," kata Heather saat menemui Risma di Balai Kota Surabaya, Kamis, 24 Mei 2018, dilansir Antara.

Ditanya makanan favorit selama bertugas di Surabaya, ia mengaku sulit untuk menjawab. Namun, ada beberapa pilihan makanan yang menurutnya paling enak.

"Saya sangat suka makanan rawon dan soto," katanya sembari tersenyum.

Dia mengaku, kedatangannya ke Balai Kota Surabaya menemui Risma tidak lain karena masa tugasnya di Kota Pahlawan akan berakhir dalam waktu dekat ini. Selain itu, konsulat Amerika juga sekaligus mengucapkan belasungkawa atas peristiwa teror bom yang terjadi di sejumlah lokasi di Surabaya, beberapa waktu lalu.

"Saya pamit dan mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan Wali Kota Risma dan Pemkot Surabaya dalam menjalin hubungan kerja sama maupun program yang telah disusun konsulat Amerika untuk Surabaya selama ini," kata Heather.

Menurut dia, hubungan antara Amerika Serikat di Surabaya sangat baik. Hal itu dibuktikan dengan beberapa jalinan kerja sama antara kedua negara seperti pertukaran pelajar dan program pelatihan bagi generasi muda.

"Lebih spesifiknya di bidang pendidikan, pertukaran budaya, enterpreneurship, sains, dan teknologi," katanya.

Dia juga optimistis, siapa pun orang yang akan menggantikan posisinya akan mampu menjaga hubungan serta meningkatkan kerja sama dengan Kota Surabaya secara maksimal dan efisien.

Sebagai tanda penghormatan dari kedua negara, Risma memberi hadiah lukisan berupa wajah Heather yang digarap oleh anak-anak Liponsos Kalijudan. "Ini lukisan yang sangat cantik dan indah bagi saya," ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini turut mengucapkan banyak terima kasih kepada Heather atas perannya yang dinilai sukses dalam menjalankan hubungan kerja sama di beberapa bidang antara Kota Surabaya dan Amerika Serikat.

"Peran Anda selama bertugas di sini sangat baik dan peduli terhadap keanekaragaman yang ada di Surabaya," ujarnya.

Rekam jejak Heather sebagai Konsul Jenderal AS terbilang sarat akan pengalaman. Sebelum ditugaskan di Surabaya, Heather pernah menjabat sebagai Direktur Kantor di Nepal, Sri Lanka, Bangladesh, Maladewa serta Bhutan pada Biro Urusan Asia Tengah dan Selatan Departemen Luar Negeri AS. Setelah ini, Heather akan ditugaskan di Jakarta.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.