Sukses

Kerusuhan Mei 1998 di Kota Solo dalam Bidikan Lensa

Para pengunjung dapat menyaksikan foto-foto kerusuhan Mei 1998 di Kota Solo itu.

Solo - Pameran Foto Refleksi Peristiwa Kerusuhan Mei 1998 karya pewarta foto Solopos Sunaryo Haryo Bayu di Monumen Pers Nasional, Solo, Jawa Tengah, diperpanjang sampai 25 Juni 2018. Awalnya, pameran tersebut dijadwalkan hanya berlangsung sepekan mulai 11 Mei hingga 18 Mei 2018.

Kepala Monumen Pers Nasional, Yuliarso, menjelaskan penyelenggaraan pameran foto diperpanjang karena animo masyarakat begitu besar. Mereka terutama hendak menyaksikan foto-foto kenangan peristiwa kerusuhan Mei 1998 di Kota Bengawan itu.

Dia menyebut masih ada saja pengunjung yang datang setiap harinya ke Monumen Pers Nasional untuk menyaksikan pameran foto.

Adapun Ketua Komisi I DPR Abdul Kharis Almasyhari menjadi salah satu orang yang turut mengapresiasi karya fotografer senior Solopos Sunaryo Haryo Bayu yang ditampilkan dalam Pameran Foto Refleksi Peristiwa Mei 1998 di Monumen Pers Nasional.

Menurutnya, karya foto yang ditampilkan dalam pameran tersebut mampu menjadi pengingat bahwa Kota Solo pernah terjadi kekacauan yang cukup besar. Kharis merasa puas dengan penyelengaraan pameran foto ini karena banyak juga foto kerusuhan yang ditampilkan, tidak seperti di pameran lain.

"Setelah diberi informasi oleh Pak Yuli kalau ada Pameran Mei '98, saya langsung bilang saya mau lihat. Begitu melihat foto pertama, langsung keingat bagaimana 98 terjadi karena saya pada waktu itu masih di Solo jadi dosen UMS," ucap Kharis saat diwawancarai Solopos.com di Monumen Pers Nasional, Kamis, 17 Mei 2018.

Ketika itu, ia tak bisa keluar karena diblok. "Setelah sore kemudian paginya saya keliling Solo melihat sampai mana-mana. Pameran ini berarti bagi saya karena menyuguhkan realita yang tak sempat saya lihat pada 1998," jelasnya.

Kharis mengaku tidak pernah mengira Kota Solo yang sebelumnya adem ayem bisa porak poranda pada Mei 1998. Aksi bakar-membakar dan perusakan terjadi di Kota Bengawan pada saat itu.

Dia hingga sekarang masih penasaran dengan para pelaku aksi tersebut. Terutama, bagaimana cara mereka melakukan pembakaran yang mengakibatkan kerusahan begitu cepat. Kharis berharap dengan adanya pameran foto itu, masyarakat bisa melihat kengerian yang terjadi di Solo 20 tahun lalu. Dengan begitu, masyarakat bisa berjuang menjaga kondusivitas.

"Jangan sampai terulang kembali peristiwa kerusuhan Mei 1998 di Solo karena recovery-nya cukup lama. Peristiwa itu bukan saja menimbulkan korban harta dan jiwa, tapi juga psikis yang cukup sulit disembuhkan. Sampai sekarang pun saya masih teringat," ujar Kharis.

Baca berita menarik dari Solopos.com lain di sini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.