Sukses

Penculikan Anak di Yogya Gagal, Korban Lompat dari Motor

Penculik anak pura-pura menawarkan tumpangan, tapi setelah jalan aksinya mencurigakan.

Liputan6.com, Gunungkidul - Usaha penculikan anak gagal di Kecamatan Ponjong, Gunungkidul, Yogyakarta. Penculikan itu gagal karena siswi SMP N berisinial MY (13) lompat dari kendaraan pelaku.

Kapolsek Ponjong Kompol Saman mengatakan upaya penculikan ini berawal saat korban pulang dari berlatih upacara sekolah, Sabtu petang 18 Maret 2017.

Sampai di Dusun Tanggulangin, Genjahan, korban dihampiri seorang laki-laki menggunakan sepeda motor jenis matic dan menawari untuk mengantarkan pulang ke rumah. Pelaku beralasan arah yang dituju sama, yakni Desa Sawahan.

"Korban awalnya tidak curiga. Namun usai naik sepeda motor, pelaku justru berbalik arah dan mengaku akan mengambil handphone yang tertinggal di rumah teman,"kata Saman, Senin (20/3/2017).

Saat motor pelaku berjalan kurang lebih sejauh 5 km dari lokasi di wilayah hutan Betoro Kidul, korban melihat ada sepeda motor dari arah berlawanan. Korban berinisiatif untuk melompat dari kendaraan pelaku pencurian anak.

Langkah dari korban itu membuat penculiknya panik dan melarikan diri dengan memacu kendaraannya. "Korban akhirnya ditolong oleh pengendara motor itu," ujar dia.

Kapolres Gunungkidul AKBP Nugrah Trihadi menjelaskan jika kejadian ini diharapkan dapat menjadi peringatan bagi masyarakat dan orangtua. Masyarakat dan orangtua harus waspada adanya upaya aksi penculikan anak. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.