Sukses

[VIDEO] Sambut Ramadan, Warga Tasikmalaya Gelar Tradisi Munggahan

Sejumlah tradisi unik digelar masyarakat Indonesia dalam menyambut datangnya bulan Ramadan. Seperti yang dilakukan warga Tasikmalaya, Jawa Barat. Mereka menggelar tradisi Munggahan menjelang puasa.

Dalam tayangan Liputan 6 SCTV, Selasa (9/7/2013), tradisi itu dilakukan masyarakat di Jalan Cienteung, Tasikmalaya. Pada Senin 8 Juli siang, jalan tersebut lebih ramai dari biasanya, terutama penjual makanan bakso.

Warga setempat memang memiliki tradisi unik yakni mengajak sanak keluarga untuk menikmati makan siang bersama di warung makan.

Tradisi yang dikenal dengan nama Munggahan ini dilakukan tak hanya warga kota Tasik, tapi juga banyak digelar warga desa di sekitarnya yang menyempatkan ke jalan ini. Mereka hanya menikmati bakso langganannya pada terakhir kali sebelum menjalankan ibadah puasa. Pedagang bakso pun ketiban berkah.

Omzet penjualan para pedagang bakso pun naik dua kali lipat. Dan hari itu, menjadi puncak munggahan di kota Tasikmalaya karena umat Islam akan menjalankan ibadah puasa. (Ali)
Loading