Sukses

Ramadhan 2023, UEA Kurangi Durasi Jam Sekolah dan Kerja Pegawai Federal

Liputan6.com, Jakarta - Menyambut bulan suci Ramadhan 2023, Uni Emirat Arab melakukan sejumlah penyesuaian terkait jam sekolah dan kerja para pekerja federal.

Menurut Knowledge and Human Development Authority (KHDA), durasi belajar para siswa di sekolah-sekolah swasta dikurangi menjadi lima jam saja selama Ramadhan.

Sekolah-sekolah diberi dua pilihan yakni memulai kegiatan belajar-mengajar pada pukul 07.45 dan berakhir pada 12.45 waktu setempat mulai Senin hingga Kamis; dan mulai pukul 07.45 hingga 11.45 pada Jumat.

Sementara aturan jam kerja institusi-institusi saat Ramadan mulai pukul 08:00 akan berakhir pukul 13:00 dari Senin hingga Kamis dan pukul 11:45 pada hari Jumat.

KHDA menekankan bahwa sekolah harus menyediakan waktu pengajaran maksimal lima jam dan mengakhiri pengajaran pada pukul 12:00 pada hari Jumat untuk mengakomodasi sholat Jumat.Siswa puasa juga dibebaskan dari mengikuti kelas pendidikan jasmani, dilansir Alarabiya

Jam kerja resmi untuk pegawai federal UEA

Otoritas Federal untuk Sumber Daya Manusia Pemerintah (FAHR) telah mengeluarkan surat edaran yang mengatur jam kerja resmi berdasarkan resolusi Kabinet UEA terkait.

Jam kerja resmi untuk kementerian dan otoritas federal selama Ramadan 2023 adalah dari pukul 09.00 hingga 14.30 dari Senin hingga Kamis, dan dari pukul 09.00 hingga 12.00 pada hari Jumat.

Jadwal ini akan memungkinkan karyawan untuk lebih memperhatikan ibadah mereka selama bulan suci. FAHR juga menekankan bahwa kementerian dan otoritas federal dapat menerapkan jadwal kerja yang fleksibel atau kerja jarak jauh selama Ramadhan sesuai dengan persyaratan khusus mereka. 

 

2 dari 2 halaman

Buka Puasa bagi Pegawai yang Tidak Bisa Pulang

Ramadhan adalah bulan kesembilan dari kalender Islam dan diamati oleh umat Islam di seluruh dunia sebagai bulan puasa, doa, refleksi, dan komunitas. Muslim menahan diri dari makanan dan minuman dari matahari terbit sampai matahari terbenam selama bulan ini.

Penampakan bulan baru menandai awal Ramadhan, yang biasanya berlangsung selama 29 atau 30 hari. Tanggal pasti dimulainya bulan suci tahun ini akan bergantung pada penampakan bulan dan diperkirakan akan dimulai pada 22 atau 23 Maret 2023. 

Selain pengurangan jam kerja, pemerintah UEA juga mengatur buka puasa bagi para pekerja yang tidak bisa pulang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.