Sukses

Ini 8 Aplikasi Paling Banyak Dipakai Pengguna Smartphone Sepanjang Libur Lebaran 2022

Liputan6.com, Jakarta - Ramadan dan sepanjang libur Lebaran 2022 dimanfaatkan banyak orang untuk menggunakan aplikasi digital baik untuk berkomunikasi, berbagi cerita, hingga mendapatkan hiburan dari streaming hingga gim.

Ada sejumlah aplikasi yang sepanjang Ramadan dan libur Lebaran 2022 mencatatkan peningkatan trafik lebih tinggi ketimbang aplikasi lainnya.

Indosat Ooredoo Hutchison mengungkap, ada 8 aplikasi yang paling banyak dipakai oleh pelanggan Tri dan IM3 selama periode libur Lebaran 2022.

Dalam keterangan resmi Indosat Ooredoo Hutchison yang diterima Tekno Liputan6.com, ke-8 aplikasi paling banyak diakses tersebut adalah:

- YouTube

- WhatsApp

- Facebook

- TikTok

- Instagram

- Mobile Legends

- PUBG Mobile

- Free Fire

Indosat Ooredoo Hutchison mencatat, pemakaian layanan mobile gaming naik 25 persen. Sementara penggunaan layanan media sosial naik 15 persen.

Begitu juga dengan penggunaan messaging dan video call yang naik 43 persen. Sementara, akses ke layanan streaming video dan musik meningkat 19 persen dibandingkan dengan hari normal dan Lebaran tahun lalu.

Berdasarkan keterangan perusahaan, secara keseluruhan, Indosat Ooredoo Hutchison mencatatkan pertumbuhan trafik internet/ data harian tinggi. Di mana, kenaikan trafik internet sebesar 27 persen pada 29 April 2022 dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

97 persen di antara peningkatan ini dilayani dengan jaringan 4G Indosat Ooredoo Hutchison. Integrasi jaringan IM3 dengan Tri menggunakan Multi Operator Core Network (MOCN) pun diklaim mampu memberikan pengalaman lebih baik untuk aktivitas digital pelanggan dalam ruangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

2 dari 3 halaman

Lebaran Jadi Momentum Integrasi Jaringan IM3 dan Tri

Presiden Direktur sekaligus CEO Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha menyebut, Lebaran kali ini jadi momentum perusahaan mempercepat proses integrasi jaringan, guna meningkatkan pengalaman lebih baik selama libur Lebaran.

Data internal perusahaan mengungkap, IOH mencatatkan peningkatan trafik internet sebesar 13 persen di masa libur Lebaran dibandingkan hari-hari normal tahun ini.

Berhasil Antisipasi Trafik Saat Mudik

Indosat Ooredoo Hutchison juga mengklaim, berhasil mengantisipasi kenaikan trafik data signifikan di beberapa kota tujuan dan rute mudik di pulau Jawa. Antara lain adalah Cirebon, Tasikmalaya, Tegal, Madiun, Tuban, Serang, dan Sukabumi.

Trafik data, menurut IOT, tercatat mengalami peningkatan cukup tinggi di beberapa kota di luar Pulau Jawa, mulai dari di Lampung, Padang, Pontianak, dan Parepare.

Indosat Ooredoo Hutchison menggunakan teknologi berbasis artificial intelligence/ machine learning serta otomatisasi untuk memprediksikan mobilitas pelanggan yang dinamis dan mengantisipasi peningkatan trafik telekomunikasi.

3 dari 3 halaman

Kepuasan Pelanggan

Indosat Ooredoo Hutchison melakukan pemantauan peningkatan kapasitas dan kualitas jaringan serta operasional Command Center fisik terpusat guna memastikan pelanggan Tri dan IM3 mampu menikmati pengalaman digital terbarik.

Perusahaan mengklaim, peralatan dan dasbor khusus untuk pemantauan kualitas jaringan yang bekerja 24 jam 7 hari berhasil mengurangi keluhan pelanggan hingga 29 persen dibandingkan Lebaran tahun sebelumnya.

Selain itu, lebih dari 87 persen tiket pengaduan pelanggan diselesaikan kurang dari 24 jam.

"Pelanggan Tri dan IM3 pun sama-sama bisa menikmati pengalaman berkomunikasi yang lancar di jaringan 4G meski terjadi peningkatan trafik internet," kata Vikram.

Ia juga berharap, jaringan terintegrasi IM3 dan Tri didukung ekosistem IOH akan menghadirkan pengalaman digital bagi para pelanggan.

(Tin/Ysl)