Sukses

Layanan Terpadu Mudik 2022 di Terminal Kampung Rambutan Resmi Ditutup

Liputan6.com, Jakarta - Otoritas Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur secara resmi menutup Pos Pelayanan Terpadu Lebaran 2022 pada H+6 atau Senin 9 Mei 2022.

"Untuk Pos Pelayanan Terpadu memang sejak tanggal 9 (Mei) sudah secara resmi ditutup," kata Kepala Terminal Bus Kampung Rambutan Yulza Ramadhoni saat ditemui di Jakarta Timur, Selasa (10/5/2022).

Pos Pelayanan Terpadu Lebaran 2022 di Terminal Kampung Rambutan didirikan sejak masa arus mudik yang di dalamnya terdapat petugas gabungan dari unsur Polri, TNI, Satpol PP, hingga Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

Pos pelayanan terpadu tersebut didirikan untuk memberikan pelayanan serta menjaga keamanan para penumpang yang akan mudik maupun tiba kembali ke Jakarta selama masa angkutan Lebaran 2022.

Yulza mengatakan situasi selama masa arus mudik dan arus balik di Terminal Kampung Rambutan terbilang tertib, aman, dan terkendali.

"Untuk peristiwa kriminal sampai sejauh ini Alhamdulillah tidak ada yang menonjol," kata Yulza yang dikutip dari Antara.

"Dengan adanya pos pelayanan terpadu yang terdiri dari Dishub, kepolisian, Satpol PP maupun damkar, itu kita berkolaborasi untuk memberikan kenyamanan dan keamanan untuk seluruh calon penumpang yang ada di Terminal Kampung Rambutan," imbuh dia.

Sementara itu, posko pelayanan kesehatan di Terminal Kampung Rambutan hingga H+7 atau Selasa ini masih tetap beroperasi.

Sejumlah layanan kesehatan yang disediakan meliputi pengecekan cek gula darah, tensi darah, kolesterol dan tes urine yang diperuntukkan untuk pengemudi bus. Terdapat pula pos vaksinasi penguat (booster) untuk penumpang maupun pengemudi yang belum menerima dosis ketiga.

Sementara penumpang yang mengalami masalah kesehatan bisa memeriksakan diri di klinik kesehatan yang telah disediakan di Terminal Kampung Rambutan secara cuma-cuma.

2 dari 3 halaman

Petugas Siaga 24 Jam

Kepala Terminal Kampung Rambutan, Yulza Ramadhoni, mengatakan puluhan petugas akan bersiaga selama 24 jam sebagai langkah antisipasi lonjakan arus balik Lebaran yang diprediksi puncaknya terjadi pada Sabtu (7/5).

"Setiap harinya sekitar 60 personel gabungan dari Kepolisian, Dinas Perhubungan (Dishub), Satpol PP, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta akan bertugas," kata Yulza kepada Antara.

Jumlah pemudik yang kembali ke Jakarta melalui Terminal Kampung Rambutan terus mengalami peningkatan sejak 4 Mei atau H+1. Puncaknya pun diprediksi terjadi pada Sabtu (7/5) atau H+4 Lebaran.

Dari data yang dihimpun, kata Yulza, pada 4 Mei ada 3.862 penumpang yang tiba Terminal Kampung Rambutan dengan menggunakan 326 bus.

Satu hari kemudian, jumlah tersebut bertambah menjadi 5.272 penumpang dengan menggunakan 5.272 bus.

Adapun pada hari ini, pukul 14:00 WIB, tercatat sebanyak 2.378 orang tiba dengan menggunakan 152 bus. Angka kedatangan pada hari ini diprediksi meningkat dibanding kemarin.

"Kami akan berupaya secara maksimal. Petugas akan membantu penumpang yang belum mengetahui angkutan dalam kota untuk tujuan akhir mereka setibanya di terminal," ujar Yulza.

3 dari 3 halaman

Arus Mudik di Kampung Rambutan

Sejumlah pemudik masih tampak di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur (Jaktim), Kamis, untuk berangkat ke kampung halamannya, meskipun sudah memasuki H+3 Lebaran 2022.

"Ini baru mau berangkat ke Jawa Tengah," kata salah satu pemudik bernama Zidan saat ditemui di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Kamis (5/5/2022), yang dilansir dari Antara.

Zidan menyampaikan dia baru memiliki kesempatan untuk mudik pada H+2 Lebaran.

Selain Zidan, ada beberapa penumpang lainnya yang juga mengaku berkesempatan mudik pada H+2 Lebaran, yakni Fetti dan Rifan.

Keduanya mengatakan keberangkatan mudik mereka harus ditunda hingga H+2 Lebaran, karena ada sejumlah urusan pekerjaan yang harus diselesaikan.

Berdasarkan data yang dimuat dalam Informasi Jumlah Penumpang Angkutan Lebaran Tahun 2022 Terminal Kampung Rambutan, beberapa pemudik memang masih mendatangi terminal untuk berangkat menuju kampung halamannya.

Dalam data termutakhir yang dimuat, ditemukan bahwa pada Rabu (5/5), ada 119 bus yang membawa 1.304 penumpang yang berangkat mudik. Sementara data keberangkatan pada Kamis ini, kata Staf Terminal Kampung Rambutan Wisnu, akan diakumulasikan pada malam hari.

"Nanti datanya diberikan pada malam hari," ujar dia.

Lalu berdasarkan pantauan, suasana kedatangan para penumpang arus balik di Terminal Kampung Rambutan masih tampak sepi.

Menurut Komandan Regu Terminal Kampung Rambutan, Mulyono, puncak arus balik diperkirakan terjadi pada 6 Mei atau 7 Mei 2022.

Rentang waktu tersebut diprediksi menjadi puncak arus mudik, karena merupakan masa menjelang berakhirnya libur panjang Lebaran 2022 dan sebagian pemudik akan kembali bekerja pada 9 Mei 2022.

Sementara itu, ujar dia melanjutkan, puncak arus mudik di Terminal Kampung Rambutan telah terjadi pada H-3 Lebaran atau 29 April 2022, yakni sebanyak 131 bus berangkat dari terminal tersebut dengan membawa 2.791 penumpang.