Sukses

Sibuk dengan Timnas Indonesia, Wonderkid Persib Girang Bisa Rayakan Lebaran Bersama Keluarga

Liputan6.com, Jakarta Wonderkid Persib Bandung, Kakang Rudianto bisa bernapas lega. Soalnya, dia mendapatkan libur latihan dari Timnas Indonesia U-19 dan U-23 saat hari raya Idul Fitri tiba.

Kesempatan libur latihan dimanfaatkan Kakang Rudianto untuk merayakan lebaran bersama keluarga di Cianjur. Seperti dilansir situs Persib, jebolan akademi Maung Bandung ini mengaku sangat rindu dengan masakan khas keluarga.

Momen lebaran bertambah syahdu dan terasa berkesan karena dia sudah lama berada di Korea Selatan. Saat ini, bek Persib Bandung itu sibuk dengan Timnas Indonesia U-23.

Ia baru bisa pulang ke Indonesia menjelang akhir bulan Ramadan. "Alhamdulillah masih sempat merasakan Ramadan dengan keluarga di rumah, walaupun hanya beberapa hari. Tapi, tentunya bahagia juga bisa lebaran bersama keluarga," kata Kakang.

Hari raya Idulfitri dirayakan seluruh umat muslim di Indonesia pada 2 Mei lalu. Euforia lebaran begitu terasa karena pemerintah membolehkan mudik.

 

2 dari 3 halaman

Jaga Kebugaran

 

Sementara itu, selama libur kompetisi, ia mencoba tetap menjaga kebugaran yang telah ditingkatkan bersama timnas. Ia tak mau saat kembali berlatih bersama skuad Pangeran Biru, ia dalam keadaan tidak siap.

"Tentunya harus lebih kerja keras lagi untuk meningkatkan mental dan fisik saya," ucapnya.

Karier Kakang Rudianto di sepak bola cukup melejit. Saat debut dengan Persib pada 29 Januari lalu, Kakang langsung mencetak gol untuk Persib di usia 18 tahun, 361 hari.

 

3 dari 3 halaman

Karier

 

Perjalanan Kakang Rudianto di kancah sepak bola diawali dengan menimba ilmu di akademi sepak bola milik eks pemain Persib Atep, yaitu Sekolah Sepak Bola Atep Seven.

Kakang mulai karier sebagai pesepak bola profesional setelah bergabung dengan Diklat Persib. Bermain baik di Persib junior membuatnya tercium oleh pemandu bakat Garuda Select II pada 2019.

Dia pun dianggap berhak menimba ilmu di tanah Eropa, tanah lahirnya banyak pesepak bola terkenal dunia. Selama beberapa bulan berada di Benua Eropa, Kakang mendapatkan banyak pengalaman dan pengetahuan yang sangat berharga seperti berlatih di fasilitas berkualitas dan menjalani uji coba dengan tim-tim Eropa.

Usai menimba ilmu dari Eropa dalam program Garuda Select jilid II, Kakang mendapat kesempatan promosi ke tim senior Persib. Kakang juga mendapat pengalaman emas berpartisipasi dalam pemusatan latihan timnas U-19 Indonesia di Kroasia.