Sukses

XL Axiata: Layanan Streaming Mendominasi Trafik Data Selama Libur Lebaran

Liputan6.com, Jakarta - Lebaran tahun ini menjadi momen yang unik bagi warga masyarakat Muslim di Indonesia, karena 2 tahun belakangan ini pemerintah melarang untuk mudik ke kampung halaman.

Toh hal ini dikarenakan untuk mengurangi jumlah kasus Covid-19. Setelah tidak pulang kampung selama 2 tahun, Idul Fitri 2022 dijadikan momen bagi pemudik untuk lepas kangen dengan sanak saudara di kampung halaman.

Selama arus mudik dan sepanjang libur Hari Raya Idul Fitri pada 24 April hingga 7 Mei 2022, XL Axiata mencatat ada peningkatan trafik penggunaan data.

Selama waktu tersebut, Data Customer Experience & Service Operation Center (CESOC) XL Axiata menunjukkan terjadinya kenaikan trafik layanan data secara nasional.

Berdasarkan laporan, kenaikan trafik layanan data secara nasional tahun ini 33 persen lebih tinggi daripada dibandingkan periode Idul Fitri sebelumnya, dan 11 persen lebih tinggi daripada hari-hari biasa sebelum Ramadhan.

"Lebaran tahun ini dipenuhi suasana eforia masyarakat di berbagai daerah. Hal ini bisa kita lihat dari kenaikan trafik data yang signifikan," tutur Direktur & CTO XL Axiata, I Gede Darmayusa, dalam keterangan resmi, Senin (9/5/2022).

Dia menambahkan, "data perpindahan masyarakat dari satu area ke area lainnya yang begitu dinamis selama libur panjang tahun ini."

Lebih lanjut, akses ke layanan streaming video melalui media sosial terbilang cukup tinggi dimana selama periode Ramadhan dan Lebaran ini, XL Axiata mencatat trafik layanan data secara nasional didominasi streaming denga angka mencapai 52 persen.

Akses terhadap sejumlah layanan streaming juga mengalami kenaikan yang signfikan. Netflix naik 16 persen, YouTube naik 40 persen, TikTok naik 76 persen, Spotify naik 21 persen, sedangkan Vidio relatif stabil.

Di luar streaming, layanan yang juga mengalami peningkatan adalah media sosial yang mencapai 42 persen. Twitter meningkat 29 persen, dan Facebook mencapai 38 persen.

XL Axiata turut mencatat trafik pemakaian layanan WhatsApp secara nasional meningkat 38 persen. Layanan lain yang juga mengalami kenaikan, antara lain belanja online melalui e-commerce meningkat 23 persen, sedangkan web browsing naik 36 persen.

Gede menuturkan, trafik pemakaian layanan video conference Zoom relatif stagnan dan cenderung menurun. Namun untuk layanan peta dan jalan seperti Google Maps maupun Waze naik sekitar 48 persen dibanding hari normal sepanjang mudik Lebaran hingga Idul Fitri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

2 dari 4 halaman

Layanan SMS dan Voice

Ilustrasi Tower BTS (iStockPhoto)

Sementara untuk layanan SMS dan voice mengalami kenaikan maupun penurunan, masing-masing sebesar 6 persen dan -3 persen dibandingkan hari biasa. Di sisi lain, pengganti layanan voice, yaitu VoLTE mengalami kenaikan signifikan hingga 13 persen dibandingkan hari normal.

Untuk diketahui, layanan VoLTE yang berbasis data memiliki fungsi yang sama dengan voice. Namun memiliki keunggulan dari kejernihan suara dan bisa dilakukan bersamaan dengan akses ke layanan data lainnya.

Dilihat dari wilayah kenaikan trafik layanan data secara nasional sepanjang Ramadhan dan Lebaran, Jawa Timur ada di urutan pertama dengan kenaikan 24 persen dibandingkan hari biasa. Menyusul kemudian, Jawa Tengah dengan kenaikan 23 persen dan Jawa Barat kenaikan 20 persen.

Lalu di luar Pulau Jawa, trafik pemakaian layanan data di wilayah Sumatera bagian utara secara rata-rata naik sebesar 21 persen, Sumatera bagian selatan naik 17 persen, Kalimantan naik 17 persen, Sulawesi niak 14 persen, dan Bali-Lombok-Sumbawa naik 19 persen.

Dari sisi area kota/kabupaten secara nasional, lima kota/kabupaten dengan kenaikan trafik tertinggi adalah Kabupaten Sampang sebesar 41 persen, Kabupaten Bangkalan naik 39 persen, Kabupatan Lombok Tengah naik 35 persen, Kabupaten Brebes naik 33 persen, serta Kabupaten Purwakarta naik 25 persen.

3 dari 4 halaman

Trafik XL Home/XL Satu Fiber

Ilustrasi BTS (ittelecomdigest.com)

Data menarik lain seputar layanan selama Ramadhan dan Lebaran terjadi pada layanan konvergensi XL Home/XL Satu Fiber. XL Axiata mencatat secara nasional terjadi penurunan trafik sebesar 4 persen dibandingkan hari biasa atau naik 20 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Meski Lebaran tahun ini banyak keluarga melakukan perjalanan mudik, layanan internet rumah memang ditujukan untuk segmen keluarga, sehingga akses ke WiFi yang berbasis layanan tetap internet ini tetap ikut mengalami peningkatan.

Kenaikan trafik XL Home ini tidak lepas dari terus meningkatknya jumlah pelanggan secara nasional dalam setahun terakhir mencapai 19 persen. Saat ini, total jumlah pelanggan XL Home mencapai lebih dari 100 ribu dengan cakupan lebih dari 658 ribu home-passed.

"Kenaikan trafik pemakaian sudah mulai terlihat sejak memasuki Ramadan dan menjelang Idul Fitri akses ke layanan internet mengalami sedikit penurunan karena pelanggan melakukan moblitas mudik," tutur Gede.

Secara keseluruhan, Gede menuturkan, XL Axiata meningkatkan kapasitas jaringan hingga 2 kali lipat dibandingkan hari normal untuk memenuhi kebutuhan pelanggan selama masa Lebaran tahun ini. Pengerahan mobile BTS juga disiapkan untuk memperkuat kualitas jaringan di lokasi yang membutuhkan.

4 dari 4 halaman

XL Axiata Ajak Mitra Penjual Mudik Bareng Naik Alphard

Di sisi lain, XL Axiata menggelar program mudik bagi para mitra penjualan produk layanannya. Perusahaan mengajak sekitar 660 peserta dalam program ini, dengan tujuan sejumlah kota di Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Dalam program Mudik Bareng 2022 ini XL Axiata menyiapkan 15 unit bus besar, serta delapan unit Innova dan lima unit Alphard.

Direktur & Chief Commercial Officer - Consumer XL Axiata, David Arcelus Oses, mengatakan program mudik ini kembali diselenggarakan perusahaan setelah ada lampu hijau dari pemerintah untuk masyarakat yang ingin mudik Lebaran, setelah selama dua tahun tidak bisa mudik.

Program ini sebagai salah satu wujud apresiasi kami bagi rekan-rekan retailer yang sudah menjadi mitra terbaik kami yang ikut juga membangun keberhasilan XL Axiata. Karena itu kami sangat senang bisa membantu rekan-rekan retailer pulang ke kampung halaman untuk merayakan Lebaran bersama keluarga,” ujar David melalui keterangannya, Kamis (28/4/2022).

Ia berharap program Mudik Bareng 2022 ini akan semakin meningkatkan hubungan dan kerjasama yang baik dengan para mitra penjual online dan juga membantu pemerintah dalam mendukung kelancaran arus mudik.

Selain menyediakan sarana transportasi, XL Axiata juga menambah sejumlah fasilitas yang bisa dimanfaatkan peserta, seperti souvenir dan uang saku.

Sebagian dari peserta bahkan mendapatkan fasilitas mudik premium menggunakan mobil mewah Alphard. Mereka adalah para retailer yang berhasil memenangi program Kompetisi Sales Racing untuk mengantar mereka sampai kampung halaman. Ada sebanyak 20 orang yang berhak menikmati hadiah mewah ini.

XL mengklaim program ini sudah mengikuti aturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah, di mana untuk peserta yang sudah vaksin 1, 2 dan 3 tidak perlu melakukan antigen dan bagi yang baru vaksin 1 & 2 tetap harus dapat menunjukan hasil antigen negatif yang terintegrasi dengan PeduliLindungi.

(Dam/Ysl)