Sukses

Akses WhatsApp hingga TikTok Meningkat Selama Ramadan dan Lebaran

Liputan6.com, Jakarta - Telkomsel mencatatkan peningkatan traffic layanan data atau broadband, selama periode Ramadhan dan Idul Fitri 1443 Hijriah, sebesar 21 persen dibandingkan momen yang sama pada 2021 atau 9 persen dibandingkan hari biasa.

Dalam keterangan resmi Telkomsel, dikutip Minggu (8/5/2022), pada Ramadan dan Idul Fitri tahun 2022, Telkomsel melaporkan adanya lonjakan traffic layanan data hingga 45,1 Petabyte (PB).

Menurut Telkomsel, peningkatan trafik internet juga terjadi seiring makin tingginya percepatan adopsi gaya hidup digital masyarakat saat ini, terutama sebagai dampak menyesuaikan kebiasan baru di masa pandemi dalam dua tahun terakhir.

Di sisi lain, untuk layanan SMS dan panggilan suara atau voice, di momen Ramadan dan Lebaran, masing-masing mengalami penurunan sebesar 31 persen di bandingkan periode sebelumnya.

WhatsApp pun tercatat aplikasi dengan aktivitas akses yang mengalami peningkatan tinggi yaitu sebesar 35 persen.

Aplikasi lain yang mengalami peningkatan aktivitas akses lainnya adalah TikTok yang tumbuh 16 persen, Instagram yang naik 15 persen, YouTube yang melonjak 13 persen, dan Facebook yang naik 1 persen.

Vice President Corporate Communications Telkomsel, Saki Hamsat Bramono, menjelaskan lonjakan traffic komunikasi data dan digital selama periode Ramadhan dan Idul Fitri 2022, didorong dengan tumbuhnya aktivitas digital.

Aktivitas ini meliputi communication (instant messaging dan video conference) yang naik mencapai 21 persen, mobile gaming melonjak hingga 17 persen, dan streaming video sekira 16 persen.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Akses Media Sosial

Sementara akses media sosial juga dilaporkan meningkat mencapai 3 persen, dibandingkan hari biasa.

Sedangkan untuk akses layanan e-commerce, menurut Telkomsel, tercatat mengalami penurunan sekitar 38 persen, diikuti aktivitas browsing yang juga berkurang 7 persen.

Operator telekomunikasi plat merah ini menambahkan, seluruh aktivitas digital tersebut juga berkontribusi pada pertumbuhan trafik penggunaan layanan data selama Ramadan dan Idulfitri 2022 di sejumlah wilayah.

Di wilayah operasional Kabupaten Tasikmalaya (Provinsi Jawa Barat) misalnya, tumbuh sekitar 43 persen. Sementara di Kabupaten Garut (Provinsi Jawa Barat) tumbuh 34 persen.

Di Kabupaten Cilacap (Provinsi Jawa Tengah) juga naik sebesar 50 persen, wilayah Kabupaten Cirebon (Jawa Barat) naik sekitar 28 persen, dan wilayah Kabupaten Ciamis (Provinsi Jawa Barat) tumbuh 42 persen.

Telkomsel juga melihat adanya pergerakan pelanggan yang cukup signifikan dari wilayah Jabodetabek, ke sejumlah daerah yang menjadi tujuan mudik di Pulau Jawa seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Hal ini seiring dengan kebijakan pemerintah yang memberi kemudahan masyarakat untuk mudik menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 2022.

Di wilayah Jawa Barat sendiri mengalami peningkatan kedatangan pelanggan sebesar 13 persen. Sedangkan untuk Jawa Tengah meningkat sebesar 17 persen, dan Jawa Timur sekitar 6 persen dibandingkan hari biasa.

Untuk tahun ini, Telkomsel juga melaporkan telah melakukan optimalisasi dan pengamanan operasional jaringan di 500 Point of Interest (POI) mencakup di antaranya 104 area residential dan 4 rumah sakit utama rujukan COVID-19.

POI juga mencakup 56 area transit transportasi utama (bandara, stasiun, terminal dan pelabuhan), 299 area spesial seperti pusat pelayanan publik dan pusat perbelanjaan, 19 area jalur mudik, serta 18 masjid raya.

Saki pun mengucapkan mereka bersyukur dapat kembali mengoptimalkan seluruh aset ekosistem yang dimiliki perusahaan, untuk memberikan pengalaman aktivitas digital bagi seluruh pelanggan dengan baik.

"Telkomsel juga berharap, momen Ramadan dan Idul Fitri tahun ini dapat menjadi momentum kebangkitan bagi seluruh bangsa Indonesia seiring dengan semakin cepatnya adopsi kebiasaan baru selama pandemi COVID-19."

 

3 dari 4 halaman

Ucapan Selamat Ramadhan di FB dan IG

Meta Facebook membagikan sejumlah hal paling populer yang dibagikan para pengguna di Facebook dan Instagram selama Ramadhan 2022. Seperti diketahui, dalam Ramadhan tahun ini, banyak orang yang membagikan momen-momen mereka melalui platform Facebook dan Instagram.

Selain berbagai momen, mereka juga menemukan kisah kebaikan dan inspirasi melalui dua platform tersebut. Pada Ramadhan tahun ini, Meta juga kembali menghadirkan kampanye global #BulanKebaikan untuk mengangkata cerita inspiratif dari komunitas, serta berbagi ide dan cara bagi orang Indonesia.

"Tren dan data selama Ramadan tahun ini menunjukkan fitur-fitur yang kami sediakan dapat membantu banyak orang di Indonesia saling berbagi kehangatan, kebaikan dan merayakan kebersamaan secara virtual di bulan yang suci," tutur Country Director untuk Meta di Indonesia, Pieter Lydian dalam keterangan resmi yang diterima, Kamis (5/5/2022).

Sepanjang Ramadhan tahun ini, Meta mencatat, komunitas di seluruh dunia saling berbagai ucapan selamat Ramadan di Facebook dan Instagram.

Sejak akhir Maret 2022, ada lebih dari 39 juta orang di seluruh dunia mengucapkan 'Selamat Ramadan' dan 'Happy Mubarak', dan lebih dari 1,4 juta orang di antaranya berasal dari Indonesia.

Lalu secara khusus di platform Facebook, ada lebih dari 3,7 juta orang di seluruh dunia bergabung dengan lebih dari 14.000 grup Facebook yang memiliki minat dan fokus terkait Ramadhan pada 2022.

Di Indonesia sendiri, ada sekitar 3.340 grup Facebook yang fokus pada Ramadhan dengan jumlah anggota mencapai 365.515 orang. Selain itu, Meta juga menunjukkan lebih dari 219.000 orang di seluruh dunia mengatakan mereka tertarik mengikuti acara terkait Ramadhan selama bulan suci tahun ini.

Tidak hanya itu, Ramadhan tahun ini juga memberikan inspirasi pada komunitas global untuk membantu lebih banyak orang memberikan donasi. Pada momen ini, orang banyak menyalurkan donasi melalui Facebook dan Instagram ke lebih dari 500 organisasi nirlaba di seluruh dunia.

4 dari 4 halaman

Infografis Waspada WhatsApp Rentan Dibobol Hacker