Sukses

Setelah Pulang Mudik Lebaran, Jangan Lupa Cuci Helm Motor di Rumah

Masih ada masyarakat yang memilih pulang ke kampung halaman menggunakan sepeda motor selama mudik Lebaran. Selain itu, kendaraan roda dua banyak digunakan untuk pergi ke daerah wisata.

Liputan6.com, Jakarta - Masih ada masyarakat yang memilih pulang ke kampung halaman menggunakan sepeda motor selama mudik Lebaran. Selain itu, kendaraan roda dua banyak digunakan untuk pergi ke daerah wisata.

Dengan menggunakan sepeda motor, para pengemudi atau penumpang wajib menggunakan helm sebagai perlengkapan berkendara. Jika sudah begitu, pelindung kepala ini pastinya akan kotor dan harus dibersihkan agar tetap nyaman jika hendak dipakai kembali.

Membersihkan helm, sejatinya bisa dilakukan sendiri di rumah. Selain lebih hemat, mencuci helm sendiri membuat Anda lebih teliti dan melakukan pembersihan secara menyeluruh.

Dilansir laman Federal Oil, berikut cara membersihkan helm dengan baik dan benar di rumah:

Pertama, copot semua padding pada helm. Termasuk padding utama alias busa bagian atas. Jangan sembarang saat melepas komponen ini, agar tidak rusak dan robek. Karena itu memperhatikan posisi kancing-kancing adalah hal penting.

Kedua, siapkan air hangat secukupnya untuk keperluan merendam padding. Siapkan ember, sabun atau sampo serta sikat gigi halus untuk menyikat padding helm yang kotor.

Saat air hangat di ember sudah tersedia, campurkan sampo secukupnya dan aduk rata. Setelah itu, masukkan semua padding helm ke dalam ember. Tunggu 5-10 menit, supaya kotoran hilang dan kuman mati.

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jemur helm

Setelah 10 menit dan air sudah mulai dingin, ambil padding yang ada. Gosok menggunakan sikat gigi bekas. Langkah ini, bertujuan untuk menghilangkan noda atau kotoran, sehingga bisa membuat padding kembali bersih.

Usai melakukan hal tersebut, rendam dengan air dingin menggunakan ember lainnya. Ini untuk menghindari kotoran kembali mengendap pada padding.

Berikutnya keluarkanlah, lalu jemur di panas matahari. Perlu diingat, jangan menjemur saat cuaca mendung atau saat hujan. Sebaiknya, padding basah tak langsung diperas. Sebab akan merusak busa di bagian dalam dan membuat cepat kempes.

Setelah kering, pasang kembali di tempat semula. Berikan pewangi helm agar lebih harum. Setelah itu, helm bisa digunakan kembali dengan nyaman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.